Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Kitab Al Baiquniyah dengan Penjelasan Setiap Nama Istilah Hadis

Terjemah Bait 32 tentang Hadits Maudhu' Dalam Kitab Al Baiquniyah beserta Penjelasannya
 Bait 32 tentang Hadits Maudhu' Kitab Al Baiquniyah

Kitab  البيقونية - Baiquniyah adalah salah satu kitab yang membahas ilmu ulumul Hadits. Manzhumah al-Baiquniyah (bahasa Arab: منظومة البيقونية‎) merupakan naskah kecil/saku (matan) pengantar ilmu hadis (musthalah hadits) yang berupa rangkaian bait-bait syair (nazham) yang memuat istilah dan hukum dasar seputar pembagian hadits dan macam-macamnya. pegarang kitab matan baiquni adalah Thaha bin Muhammad bin Futuh Al-Baiquni, seorang ahli hadits yang wafat sekitar tahun 1080 H (1669/1670 M).

Karya al-Baiquni terbilang populer, hal ini dapat dilihat dari banyaknya ulama yang memberikan syarah atau penjelasan terhadap kitab tersebut. Seperti Ahmad bin Muhammad al-Hamwi (w. 1098 H) yang menuliskan syarahnya yang berjudul Talqih al-Fikr bi Syarh Manzumah al-Atsar, kemudian Muhammad bin Ahmad al-Badiri al-Dimyathi (w. 1140 H) yang menulis Syarh Mandzumah al-Baiquni, ada pula Hasan bin Ghali al-Azhari al-Jadawi (w. 1202 H) menulis kitab Syarh al-Mandzumah al-Baiquniyah. Tercatat puluhan ulama yang diketahui telah menuliskan syarah untuk kitab al-Mandzumah al-Baiquniyyah.

Salah satu kitab yang disusun dengan sangat sederhana ini di dalamnya berisi syair yang terdiri dari 34 bait. Meskipun minim keterangan, namun hampir seluruh pembahasan mengenai ilmu hadis dibahas di dalamnya. Jumlah keseluruhan 32 macam pembahasan hadits diantaranya hadits shahih, hasan, dha’if, marfu', maqthu’, musnad, muttashil, musalsal, ‘aziz, masyhur, mu’an’an, mubham, ‘ali, nazil, mauquf, mursal, gharib, munqathi’, mu’dhal, mudallas, syadz, maqlub, fard, mu’allal, mudhtharib, mudraj, mudabbaj, muttafiq-muftariq, mu`talif-mukhtalif, munkar, matruk, dan maudhu’.

Berikut daftar penjelasan dari semua istilah hadis dalam kitab Al Baiquniyah :

1.  Hadits shahih,

2.  Hadits hasan,

3.  Hadits dha’if,

4.  Hadits marfu' dan maqthu’,

5.  Hadits musnad,

6.  Hadits muttashil,

7.  Hadits musalsal,

8.  Hadits ‘aziz dan masyhur,

9.  Hadits mu’an’an dan  mubham,

10. Hadits ‘ali dan  nazil,

11. Hadits mauquf,

12. Hadits mursal, gharib,

13. Hadits munqathi’,

14. Hadits mu’dhal, mudallas,

15. Hadist syadz, maqlub,

16. Hadist  fard,

17. Hadist mu’allal,

18. Hadist mudhtharib,

19. Hadist mudraj,

20. Hadist mudabbaj,

21. Hadist muttafiq-muftariq,

22. Hadist mu`talif-mukhtalif,

23. Hadist munkar,

24. Hadist matruk,

25. Hadist maudhu’.

Posting Komentar untuk "Terjemah Kitab Al Baiquniyah dengan Penjelasan Setiap Nama Istilah Hadis "