Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Arti dan Penjelasan setiap bab kitab Al Waraqat beserta penjelasannya

Terjemah Kitab Ushulul Fiqh : Al - Waraqat
Kitab Ushulul Fiqh : Al - Waraqat

Kitab Al Waraqat lengkapnya Al-Waraqat fi Ushul Al-Fiqh (الورقات في أصول الفقه). Kata waraqat diambil dari Kalimat di awal kitab

هَذِه وَرَقَات تشْتَمل على فُصُول من أصُول الْفِقْه

Artinya,
“Ini adalah lembaran-lembaran yang berisi topik-topik ushul fikih” (Al-Waraqat, hlm 7)

Kitab al Waraqat membahas ushul fikih lebih Tepatnya ushul fikih mazhab Asy-Syafi’i. Kitab Waraqat tidak membahas fikih dan  akidah. Pembahasan ushul fikih membahas ilmu kaidah dan rambu-rambu bagaimana fikih diproduksi. Jadi ilmu ushul fikih itu ilmu kerangka pikir. Ilmu ushul fikih adalah ilmu yang membentuk metode berpikir fikih dan nalar syar’i dalam Islam.

Secara bahasa, waraqat berarti lembaran-lembaran kertas. Materi yang tertulis di dalamnya adalah seputar definisi-definisi penting seputar ushul fikih, tanpa menjelaskan satu demi satu dengan penjabaran yang panjang lebar. Artinya, al-Waraqat hanyalah kitab pengantar ushul fikih

Nama Pengarang Kitab al-Waraqat adalah Imam Haramain. Imam Haramain bernama lengkap Abu al-Ma’ali Dliya’ ad-Din Abdul Malik bin Abdullah bin Yusuf bin Muhammad al-Juwaini. Al-Juwaini itu nisbat kepada daerah asalnya, Juwain, yang masuk wilayah Nisyapur atau Naisabur, sebuah kota di Iran. Imam Haramain lahir  tanggal 18 Muharram 419 H. Julukan Imam Haramain disematkan pada dirinya karena ia pernah menjadi mufti sekaligus guru ilmu fikih madzhab syafi’i di Makkah dan Madinah, atau disebut Haramain (dua tanah suci).

Imam Haramain wafat pada tahun 478 H. di usia ke-59 tahun.  Meski demikian, setelah hampir seribu tahun berlalu, karya-karyanya masih hidup dan menghidupi dunia keilmuan Islam, terutama di bidang fikih dan ushul fikih. Salah satunya adalah Kitab al-Waraqat yang mengenalkan dasar-dasar ushul fikih.

Imam Haramain mendesain kitab al-Waraqat untuk kebutuhan mubtadi (pemula). . Sehingga, untuk mendalami ushul fikih lebih jauh, masih dibutuhkan kitab-kitab lain yang lebih besar.

Berikut Terjemah Arti setiap bab kitab Al Waraqat dengan dengan tulisan arab berharakat

Arti Ushulul Fiqih - معنى أصُول الْفِقْه

Macam-macam Hukum - أَنْوَاع الحكم.

Perbedaan Antara Fiqih, Ilmu, Menyangka, dan Menduga - الْفرق بَين الْفِقْه وَالْعلم وَالظَّن وَالشَّكّ

Bab-bab Ushul Fiqih - أَبْوَاب أصُول الْفِقْه

Pembagian Kalam - أَقسَام الْكَلَام

Perintah - الأمر

Larangan - النهي

Umum dan Khusus - الْعَام وَالْخَاص

Global dan Penjelasan - الْمُجْمل والمبين

Dzohir dan Muawwal - الظَّاهِر والمؤول

Perbuatan - الْأَفْعَال

Naskh - النسخ

Ijma' - الإجماع

Akhbar - الأخبار

Qiyas - الْقيَاس

Tartibul adillah - تَرْتِيب الْأَدِلَّة

Posting Komentar untuk "Terjemah Arti dan Penjelasan setiap bab kitab Al Waraqat beserta penjelasannya"