Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Kitab Hidayatus Sibyan Arab Indonesia Berharakat

 

Terjemah Kitab Hidayatus Sibyan Arab Indonesia Berharakat

Kitab Hidayatus Sibyan adalah kitab nadzaman berisi tentang dasar-dasar Ilmu Tajwid yang terdiri dari 40 bait syair. Bila dibandingkan dengan kitab ilmu tajwid lain yang biasa digunakan di pesantren seperti Al-Muqaddimah Al-Jazariyah, kitab ini bisa dibilang lebih ringkas Sehingga cocok untuk pelajar tingkat dasar.

kitab Hidayatus Shibyan tentunya populer di kalangan pesantren-pesantren, dan madrasah-madrasah. Penyusun kitab ini adalah Syaikh Sa’id ibn Sa’d An-Nabhani Al-Hadrami. Lahir tahun 1300 H  di Yaman dan wafat tahun 1354 H di yaman. Syaikh Sa’id ibn Sa’d adalah seorang ulama’ yang ahli dalam bidang Bahasa, fikih serta berpengetahuan luas perihal ilmu terkait membaca Al-Qur’an. Beliau mengarang beberapa karya tentang ilmu tajwid, gramatikal arab, tauhid dan tasawuf.

berikut terjemah Kitab Hidayatus Sibyan lengkap dengan tulisan arab berharakat disertai terjemahan arti dalam bahasa indonesia di setiap bab/ fasal

Pembukaan - مُقَدِّمَة


اَلْحَمْدُ للهِ وَصَلَّى رَبُّنَا ۞ عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفى حَبِيْبَنَا  
segala puji bagi Allah, dan semoga rahmat tuhan kita (Allah swt) untuk Nabi yang terpililih, kekasih kita

وَألِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ قَرَى ۞ وَهَاكَ فِى التَجْوِيْدِ نَظْمًا حُرِّرَا
dan keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang membaca, dan mempelajari ilmu tajwid sebagai nadzam /syair yang diperinci

سَمَّيْتُهُ هِدَايَةَ الصِّبْيَانِ ۞ اَرْجُو إلِهِي غَايَةَ الرِّضْوَانِ
aku (Pengarang) namakan kitab ini “hidayatus sibyan / petunjuk anak-anak”, aku mengharapkan keridhoan yang tinggi dari tuhanku

Tanwin Dan Nun Mati - بَابُ أَحْكَامِ التَّنْوِيْنِ وَالنُّونِ السَّاكِنَة


أحْكَامُ التَنُوْيِنِ وَنُوْنٍ تَسْكُنُ ۞ عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُا
hukum tanwin dan nun mati ketika bertemu huruf hija’iyah itu ada lima yang akan dijelaskan berikut :

اِظْهَرُ اِدْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ اَوْ ۞ بِغَيْرِهَا وَالْقَلب وَاْلأِخْفَاء رَوَوا
yaitu idzhar, idgham bighunnah dan bila ghunnah, iqlab dan ikhfa’

فَظْهِر لَدَى هَمْزٍ فَهَاءٍ حَاءِ ۞ وَالْعَيْنِ ثُمَّ الْغَيْنِ ثُمَّ الخَاءِ
maka idzharkan ketika bertemu  ا, هَ, حَ, ‘عَ, غَ dan خَ’

ﻭَﺍﺩْﻏِﻢْ ﺑِﻐُﻨَّﺔٍ ﺑِﻴَﻨْﻤُﻮْ ﻻَﺍِﺫَﺍ ۞ ﻛَﺎﻥَ ﺑِﻜِﻠْﻤَﺔٍ ﻛَﺪُﻧْﻴَﺎ ﻓَﺎﻧْﺒِﺬَﺍ
idghamkan bighunnah ketika bertemu ﻴَﻨْﻤُﻮْ  yanmu, kalimah ﻴَﻨْﻤُﻮْ tidak idgham jika satu kalimah seperti dunya  ﺪُﻧْﻴَﺎ

 وَادْغِمْ بِلاَ عُنَّهِّ فِى لاَمِ وَرَا ۞ فَالْقَلْبُ عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمَا ذُكِرَ
idghamkan bila ghunnah ketika bertemu lam dan ra’, dan iqlabkan ke mim ketika bertemu ba

وَاَخْفِيَنَّ عِنْدَ بَاقِى الأَحْرُفِ ۞ جُمْلَتُهَا خَمْسَةُ عَشْرٍ فَاعْرِفِ
dan ikhfa’-kan ketika bertemu sisa huruf, jumlahnya lima belas, maka ketahuilah

Mim dan Nun Yang Di Tasydid Dan Mim Mati - باب أحكام الميم والنون المشددتين والميم الساكنة


وْغُنَّةٌ قَدْاوَجَبُوْهَا اَبَدَا ۞ فِى المِيْمِ وَالنُّوْنِ إِذَا مَاشُدِّدَا

wajib ghunnah (didengungkan) menurut ulama selama mim dan nun م  نْ keduanya di tasydid

وَالْمِيْمُ إِنْ تَسْكُنُ لَدَ الْبَا تُخْتَفَى ۞ نَحْوُعْتَصِمْ بِااللهِ تَلْقُ الشَّرَفَ
jika mim sukun bertemu ba’ itu di baca ikhfa’ (samar), seperti contoh عْتَصِمْ بِااللهِ

وَادْ غِمْ مَعَ الْغُنَّةِ عِنْدَ مِثْلِهَا ۞ وَاظْهِر لَدَى بَقِى الْحُرُوفِ كُلِّهَا
idghamkan beserta ghunnah ketika mim mati bertemu mim, dan idzharkan ketika bertemu sisa huruf hijaiyyah (selain ba dan mim)

وَاحُرْصْ عَلَى اْلأِظْهَارِ عِنْدَ الفَاءِ ۞ وَالْوَاوِ وَاحْذَرْدَا عيَ الإِخْفَاءِ

dan tetaplah terhadap idzhar ketika mim mati bertemu fa’ dan wawu, dan hati-hati terhadap ikhfa’

Idgham - باب الإدغام


إِدْغُامُ كُلِّ سَاكِنِ قَدْ وَجَبَا ۞ فِى مِثْلِهِ كَقَوْلِهِ إِذْدَ هَبَا
idgham setiap huruf yang mati itu wajib di 2 huruf sama (makhraj dan sifat), seperti: idz dzahaba / إِذْدَ هَبَا

وَقِسْ عَلَى هدَا سِوَا وَاو تَلاَ ۞ ضَمًّا وَيَاءِ بَعْدَ كَسْرِ يُجْتَلى
samakan terhadap ini kecuali wawu yang jatuh setelah dhammah, dan ya’ setelah kasrah maka di jelaskan (idhzar)

مِنْ نَحُوِ فِى يَوْمٍ لِيَاءِ اَظْهَرُوا ۞ وَالوَاوِ مِنْ نَحْوِاصْبِرُوْا وَصَابِرَو
contohnya ya فِى يَوْمٍ dan wawu contohnya اصْبِرُوْا وَصَابِرَو semuanya di izdhar-kan

وَالتَّاءُ فِى دَالٍ وَطَاءِ اَسْبَتُوا ۞ اِدْغَامَهَا نَحْوُ اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ
begitupun tetap idghammnya ta bertemu dal, seperti:  اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ

وَامَنَتْ طَائِفَةُ وَاَدْغَمُوا ۞ الدَّالَ فِى الظَّاءِبِنَحْوِاذْظَلَمُوْا
dan  اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ , dan ulama’ mengidhammkan dzal ke dzha’ seperti: اذْظَلَمُوْا

وَالدَّالَ فِى الثَاءِ بِلاَ مْتِرَاءِ ۞ وَلاَمَ هَل وَبَلْ وَقُلْ فِىْ الرَّءِ
dan dzal kedalam ta’ tanpa keraguan, dan lam hal, bal dan qul ke dalam ro

مِثْلُ لَقَدْ تَابَ وَ قُلْ رَبِّ احُكُمِ ۞ وَالْكُلُّ جَاءَ بَا تِّفَا قِ فَاعْلَمِ
seperti: لَقَدْ تَابَ,dan قُلْ رَبِّ. semuanya datang dengan kesepakatan(ulama), maka ketahuilah

Lam Ta'rif Dan Lam Fi'il - باب أحكام لام التعريف ولام الفعل


وَاَظْهِرَنَّ لاَمَ تَعْرِفِ لَذَى ۞ ارَبْعَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ تُوْجَدَ
Idharkan lam ta'rif Terhadap salah satu bagian 

dari 14 huruf yang terkumpul

فِى اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ ۞ وَفِى سَوَاهَامِنْ حُرُوْفٍ اَدْغِمَة
pada kalimat اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ

sedang selain itu di Idgham

وَلاَفِعِل اَظْهِرَنَّ مُطْلَقَا ۞ فِيْمَا سِوَى لاَمٍ وَرَاءِ كَاالتَقَى
lam fi'il diizdhar kan secara mutlaq

kecuali bertemu lam dan ra contohnya  التَقَى

وَاُلتَمِسُوْا وَقَلْ نَعَمْ وَقُلْنَا ۞ وَاظْهِرْ لِحَرُفِ الْحَلْقِ كَاصْفَحْ عَنَّا
Kata اُلتَمِسُوْا ,   قَلْ نَعَمْ dan قُلْنَا

Idzharkan huruf halaq (yang bertemu huruf halaq yang berbeda) contohnya اصْفَحْ عَنَّا

  ﻣَﺎﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣَﻊْ ﻣِﺜْﻠِﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴُﺪْ ﻏَﻢَ ۞  فِى مَثْلِهِ حَتْمًا كَمَا تَقَدَّ مَا
Bila hurufnya berbeda.

apabila bertemu huruf halaq serupa maka idham seperti yang telah disebutkan

Huruf Tafkim Dan Huruf Qolqolah - حروف التفخيم وحروف القلقلة



وَاَحْرُفُ التَفُخِيْمِ سَبْعُ تُحْصَرُ ۞ فِىخُصَّ ضَفْطٍ قِطْ يعُلْ تُشَهَرُ
huruf Tafkhim ada 7 hurufnya terkumpul dalam kalimat

 خُصَّ ضَفْطٍ قِطْ


ﻗَﻠْﻘَﻠَﺔٌ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻬَﺎﻗَﻂْﺏُ ﺟَﺪِ ۞ ﺑَﻴِّﻦْ ﻟَﺬَﻯ ﻭَﻗْﻒٍ ﻭَﺳَﻜْﻦٍ ﺗُﺮْﺷَﺪِ
huruf qalqalah terkumpul pada ﻗَﻂْﺏُ ﺟَﺪِ

baca lebih terang / jelas pada waqaf atau sukun

Huruf Mad Dan Pembagiannya - حروف المد وأقسامها

 وَاَحْرُفُ الْمَدِّ تَلاَثُ تُّوصَفُ   ۞  اَلُوَاوُ ثُمَّ الْيَاءُ ثُمَّ اْلأَلِفُ
Huruf mad (tanda panjang) ada tiga
alif wawu dan ya

وَشَرْطُهَا اسِكَانْ وَاوٍ بَعْدَ ضَمْ ۞ وَسَكْنُ يَاءٍ بَعْدَ كَسْرٍ مُلْتَزَمْ
Syaratnya sukun wawu setelah dammah
dan ya sukun setelah kasroh

وَألِفُ مِنْ بَعْدٍ فَتْحٍ وَقَعَ ۞ وَلَفْظُ نُوْ حِيْهَا لِكَُلِّ جَمَعَا 

dan alif setelah harakat fathah
lapadz نُوْ حِيْهَا Nuhiha rangkuman contoh semuanya itu

ﻓَﺎِﻥْ ﻓَﻘَﺪْﺕَ ﺑَﻌْﺪَ ﺣَﺮْﻓِﻪِ ﺍﻟﺴُّﻜُﻮْﻥِ ۞ ﻭَﺍﻟْﻬَﻤْﺰُ ﻓَﺎﺍﻟْﻤَﺪُّ ﻃَﺒِﻴْﻌِﻰٌّ ﻳَﻜُﻦْ
Bila setelahnya (huruf mad) tiada tanda mati
dan hamzah itu namanya mad tabi'i

وِإِنْ تَلاَهُ الْهَمْزُ فِى كَلِمَتِهِ ۞ فَوَجِبٌ مُتَصِلٌ كَجَائَتِه
Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut Mad wajib muttasil contoh : جَائَتِه

ﺍِﻥْ ﺗَﻼَﻩُ ﻭَﺑِﺄُﺧْﺮَﻯ ﺍﺗَّﺼَﻠَﺎ ۞ ﻓَﺠَﺎﺋِﺰٌ ﻣُﻨْﻔَﺼِﻞٌ ﻛَﻼَﺇِﻟَﻰ
Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) tidak dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut mad Jaiz munfasil contoh : ﻼَﺇِﻟَﻰ


ﻭَﺇِﻥْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣَﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻣُﺸَﺪَّﺩَﺍ ۞ ﻓَﻼَﺯِﻡٌ ﻣُﻄَﻮَّﺍﻝٌ ﻛَﺤَﺂﺩَّﺍ
Apabila setelah mad ada tasydid
itu mad lazim mutsaqqal / mutawwal seperti ﺤَﺂﺩَّﺍ

كَذَاكَ كُلَّ سَاكِنٍ تَأَصَّلَ ۞ مُخَفَفا يَكُوْنُ اَوْمُثَقَلاَ
Begitupun setiap sukun huruf mati setelah mad yang asal
itu mad lazim mukhaffaf 


وَمِنْهُ مَايَأتِى فَوَا تَحِّ السَّوَار۞ وَفِى ثَمَانِ مِنْ حُرُوْفِيْهَاظَهَر
Di antaranya hurup pembuka surat
jumlahnya 8 dapat kamu lihat.

فِي كَمْ عَسَلْ نَقَصَ حَصْ هَاعُرِف ۞ وَمَا سِوَاهَا فَطَبِيْعِ لاَأَلِف
terkumpul dalam kalimat : كَمْ عَسَلْ نَقَصَ
sisanya alif mad tobi'i

وِإِنْيَكُنْ قَدْ عَرَضَ السُّكُوْنُ ۞ وَقْفًا فَعَارِضُ كَنَسْتَعِيْنُ
Kalau terpaksa sukun karena berhenti (mad arid lissukun)
contoh نَسْتَعِيْنُ

Penutup - خاتمة


وَاخْتِمُ بِحَمْدِاللهِ وَالصَّلاَةِ ۞ عَلَى النَّبِىِّ طَيِّبِ الصِّفَاتِ
Akhiri memuji Allah dan sholawat

pada nabi pemilik sebaik sifat  

وَاْلأَلِ وَالصَّحْبِ مَعَ السَّلاَمْ ۞ اَبِيَتُهَااَرْبَعُوْنَ بْاالتَّمَامِ

Keluarga shahabat dan limpah salam

Kitab ini memang hanya terdiri 40 bait khatam

Semoga bermanfaat