Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab I'rab Fiíl | إعْرَابُ الفِعْلِ

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab I'rab Fiíl | إعْرَابُ الفِعْلِ

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab


إعْرَابُ الفِعْلِ  Bab I'rab Fiíl 

اِرْفَعْ مُضَارِعَاً إِذَا يُجَرَّدُ *** مِنْ نَاصِبٍ وَجَازِمٍ كَتَسْعَدُ

Rafa'kanlah fi'il mudhari', apabila terbebas dari 'amil nashib dan 'amil jazim, seperti lafaz "tas'adu" (engkau berbahagia).


وَبِلَنِ انْصِبْهُ وَكَيْ كَذَا بِأَنْ *** لاَ بَعْدَ عِلمٍ وَالَّتِي مِنْ بَعْدِ ظَنّ

Dengan lan dan kay nashabkanlah fi'il mudhari'. Demikian pula dengan an yang bukan sesudah lafaz ilmin, dan lafaz zhanna 


فَانْصِبْ بِهَا وَالرَّفْعَ صَحِّحْ وَاعْتَقِدْ *** تَخْفِيْفَهَا مِنْ أَنَّ فَهْوَ مُطَّرِدْ

Nashab-kanlah fi'il mudhari' (dengan an sesudah zhanna) tetapi anggaplah benar, bila dirafa-kan, serta yakinilah (bila dirafa'- kan), bahwa an adalah bentuk takhfif dari anna, ketentuan ini dapat diberlakukan.


وَبَعْضُهُمْ أَهْمَلَ أَنْ حَمْلاً عَلَى *** مَا أخْتِهَا حَيْثُ اسْتَحَقَّتْ عَمَلاَ

Sebagian di antara mereka (ahli nahwu) ada yang meng-ihmal-kan (tidak memfungsikan) an, karena disamakan dengan saudaranya yaitu maa, padahal an berhak untuk beramal.


وَنَصَبُوَا بِإِذَنِ المُسْتَقْبَلاَ *** إِنْ صُدِّرَتْ وَالفِعْلُ بَعْدُ مُوصَلاَ

Mereka me-nashab-kan fi'il mustaqbal dengan idzan, apabila idzan diletakkan di muka, sedangkan fi'il yang terletak sesudahnya beritu bungan langsung dengannya (tanpa pemisah)..


أَو قَبْلَهُ اليَمِيْنُ وَانْصِبْ وَارْفَعَا *** إِذَا إِذَنْ مِنْ بَعْدِ عَطْفٍ وَقَعَا

atau sebelum fi'il ada yamin (sumpah). Nashab-kanlah dan rafakanlah apabila idzan terletak sesudah huruf 'athaf.


وَبَيْنَ لاَ وَلاَمِ جَرَ التُزِمْ *** إظْهَارُ أَنْ نَاصِبَةً وَإِنْ عُدِمْ

Antara laa dan lam jar wajib ditampakkan an yang me-nashab-kan, dan apabila laa ditiadakan.


لاَ فَأَن اعْمِل مُظْهِرَاً أَو مُضْمِرَا *** وَبَعْدَ نَفْي كَانَ حَتْمَاً أضْمِرا

maka amalkanlah an baik dalam keadaan ditampakkan atau di-idhmar-kan (disembunyikan), dan sesudah kaana yang di-nafi-kan an wajib di-idhmar-kan.


كَذَاكَ بَعْدَ أَو إِذَا يَصْلُحُ فِي *** مَوضِعِهَا حَتَّى أَوِ إلاَّ أَنْ خَفِي

 Demikian pula an wajib disembunyikan sesudah au apabila pada tempat au layak diletakkan hatta, atau illaa.


وَبَعْدَ حَتَّى هكَذَا إِضْمَارُ أَنْ *** حَتْمٌ كَجُدْ حَتَّى تَسُرَّ ذَا حَزَنْ

Demikian pula an wajib disembunyikan bila sesudahnya terdapat hattaa, seperti pada perkataan: Jud hattaa tasurra dzaa hazan (Berdermalah sehingga orang yang sedih menjadi gembira).


وَتِلوَ حَتَّى حَالاً أو مُؤوَّلاَ *** بِهِ ارْفَعَنَّ وَانْصِبِ المُسْتَقْبَلاَ

Rafa'-kanlah fi'il mudhari' yang mengandung makna haal atau di takwil-kan mengandung makna haal bila terletak sesudah hattaa, Tetapi nashab-kanlah fi'il mudhari' yang bermakna mustaqbal (masa akan datang).


وَبَعْدَ فَا جَوَابِ نَفْيٍ أَو طَلَبْ *** مَحْضَيْنِ أَنْ وَسَتْرُهَا حَتْمٌ نَصَبْ

Sesudah fa yang menjadi jawab nafi mahdh atau thalab mahdh an wajib disembunyikan dan tetap me-nashab-kan.


وَالوَاوُ كَالفَا إِنْ تُفِدْ مَفْهُومَ مَعْ *** كَلاَ تَكُنْ جَلدَاً وَتُظْهِرَ الجَزَعْ

Wawu sama dengan fa apabila mengandung makna ma'a seperti dalam contoh "Laa takun jaldan wa tuzhhiral jaza" (Janganlah engkau bersabar disertai dengan penampilan yang gelisah).


وَبَعْدَ غَيْرِ النَّفْي جَزْمَاً اعْتَمِدْ *** إِنْ تَسْقُطِ الفَا وَالجَزَاءُ قَدْ قُصِدْ

Sesudah selain nafi jazm-kanlah fi'il mudhari' apabila huruf fa digugurkan sedangkan makna yang dimaksud adalah sebagai jaza (jawabnya.) nya


وَشَرْطُ جَزْمٍ بَعْدَ نَهْي أَنْ تَضَعْ *** إِنْ قَبْلَ لاَ دُونَ تَخَالُفٍ يَقَعْ

Syarat jazm sesudah nahi ialah hendaknya dapat diletakkan in se belum laa tanpa ada perselisihan makna yang terjadi.


وَالأَمْرُ إِنْ كَانَ بِغَيْرِ افْعَل فَلاَ *** تَنْصِبْ جَوَابَهُ وَجَزْمَهُ اقْبَلاَ

Fi'il amar apabila bukan berupa wazan ifal, janganlah kamu me-nashab-kan jawabnya, tetapi terimalah jazm-nya.


وَالفِعْلُ بَعْدَ الفَاءِ فِي الرَّجَا نُصِبْ *** كَنَصْبِ مَا إِلَى التَّمَنِّي يَنْتَسِبْ

Fiil mudhari' sesudah fa dalam kalimat yang mengandung makna raja' (harapan) di-nashab-kan, sebagaimana di-nashab-kan pula fi'il mudhari' yang terdapat pada kalimat tamanni.


وَإِنْ عَلَى اسْمٍ خَالِصٍ فِعْلٌ عُطِفْ *** تَنْصِبُهُ أَنْ ثَابِتَاً أَو مُنْحَذِفْ

Apabila fi'il di-'athaf-kan kepada isim yang murni, maka fi'il di nashab-kan oleh an, baik ditetapkan atau pun dibuang.


وَشَذَّ حَذْفُ أَنْ وَنَصْبٌ فِي سِوَى  مَا مَرَّ فَاقْبَل مِنْهُ مَا عَدْلٌ رَوَى

Dianggap syadz membuang an dan tetap me-nashab-kan (fi'il) selain hal-hal yang telah disebutkan, maka terimalah hal yang di-nashab.kan bila diriwayatkan oleh orang yang adil (dapat dipercaya).

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab I'rab Fiíl | إعْرَابُ الفِعْلِ"