Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Bentuk-bentuk Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah | أبْنِيَةُ أسْمَاءِ الْفَاعِلِينَ والْمَفعُولِينَ وَالصَّفاتِ المُشَبَّهةِ بِهَا

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Bentuk-bentuk Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah | أبْنِيَةُ أسْمَاءِ الْفَاعِلِينَ والْمَفعُولِينَ وَالصَّفاتِ المُشَبَّهةِ بِهَا

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab

أبْنِيَةُ أسْمَاءِ الْفَاعِلِينَ والْمَفعُولِينَ وَالصَّفاتِ المُشَبَّهةِ بِهَا
Bab Bentuk-bentuk Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah


كَفَاعِلٍ صُغ اسْمَ فَاعِلٍ إذَا  ***  مِنْ ذِي ثَلَاثَةٍ يَكُونُ كَغَذَا

Seperti wazan faa'ilun buatlah isim fa'il, apabila fi'il-nya berbentuk tsulatsi, seperti lafaz ghadzaa (telah makan siang).


وَهُوَ قَلِيلٌ فِي فَعُلْتُ وَفَعِلْ *** غَيْرَ مُعَدَّى بَلْ قِيَاسُهُ فَعِلْ

Wazan faa'ilun sedikit bagi fi'il yang berwazan fa'ultu (Fa'ula) dan fa'ila yang tidak muta'addi (yang lazim), tetapi menurut kias isim fa'il-nya berwazan fa'ilun.


وَأفْعَلٌ فَعْلَانُ نَحْوُ أشِرِ *** وَنَحْوُ صَدْيَانَ وَنَحْوُ الأَجْهَرِ

Atau afalun dan fa'laanu, contohnya "Asyirun" (orang yang jahat), "Shadyaana" (orang yang haus) dan "al Ajhari" (orang yang keras suaranya).


وَفَعْلٌ أوْلَى وَفَعِيلٌ بِفَعُلْ *** كَالضَّخْمِ وَالْجَمِيل وَالْفِعْلُ جَمُلْ

Untuk fi'il yang berwazan fa'ula bentuk isim fa'il yang lebih utama berwazan fa'lun dan fa'iilun, seperti lafaz dhakhmun (besar) dan jamiilun (bagus) bentuk fi'il-nya jamula.


 وَأفعَلٌ فِيهِ قَلِيلٌ وَفَعَلْ  *** وَبِسِوَى الْفَاعِلِ قَدْ يَغْنَى فَعَلْ

Sedikit isim fa'il yang berwazan afalun dan fa'alun, selain wazan faa'ilun terkadang dianggap cukup (bagi fi'il yang berwazan fa'ula) wazan fa'alun.


 وَزِنَةُ الْمُضَارِع اسْمُ فَاعِلِ  *** مِنْ غَيْرِ ذِي الْثَّلاَثِ كَالْمُوَاصِلِ

Wazan fi'il mudhari adalah wazan isim fa'il selain fi'il tsulatsi ini keduanya seperti yang berhubungan langsung.


 مَعْ كَسْرِ مَتْلُوِّ الأَخِيْرِ مُطْلَقَا ***  وَضَمِّ مِيْمِ زَائِدٍ قَدْ سَبَقَا

 Disertai dengan harakat kasrah pada huruf sebelum huruf terakhir secara mutlak dengan ditambahkan huruf mim yang di-dhammah kan pada permulaannya.


وَإِنْ فَتَحْتَ مِنْهُ مَا كَانَ انْكَسَرْ  *** صَارَ اسْمَ مَفْعُوْلٍ كَمِثْلِ الْمُنْتَظَرْ

Apabila mem-fathahkan huruf yang di-kasrahkan, maka menjadi isim maful seperti lafaz "al muntazhar" (orang yang ditunggu).


وَفِي اسْمِ مَفْعُوْلِ الْثُّلاَثِيِّ اطَّرَدْ ***  زِنَةُ مَفْعُوْلٍ كَآتٍ مِنْ قَصَدْ

Perlakukanlah wazan isim maful dari fi'il tsulatsi yaitu wazan mafuulun, seperti bentuk yang akan datang dari lafaz qashada (maqshuudun).


 وَنَابَ نَقْلاً عَنْهُ ذُو فَعِيْلِ *** نَحْوُ فَتَاة أَوْ فَتًى كَحِيْلِ

Dapat dijadikan sebagai pengganti isim maful yaitu wazan fa'iilu secara idioms, seperti contoh fataatu kahiilun (Gadis yang berce lak) atau fatan kahiilun (pemuda yang bercelak).


Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Bentuk-bentuk Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah | أبْنِيَةُ أسْمَاءِ الْفَاعِلِينَ والْمَفعُولِينَ وَالصَّفاتِ المُشَبَّهةِ بِهَا"