Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Arti Nadzhom Al Imrithi Lengkap Semua Bab (part 2)

Terjemah Arti Nadzhom Al Imrithi Lengkap Semua Bab

sebelum membahas terjemah bahasa indonesia matan nadzom al imrithi ada baiknya kita mengulas secara ringkas tentang kitab al imriti yang disusun syeikh  Syarafuddin Yahya bin Badruddin Musa bin Ramadhan bin Umairoh Al-Imrithi

Kitab Nadhom Imrithi (العمريطي) merupakan salah satu kitab ilmu nahwu yang di dalamnya berisi sekitar 254 bait.  Nadhom Imrithi sudah mashur dan banyak dikaji di pondok-pondok pesantren sebagai dasar bagi para santri untuk lebih memahami tentang ilmu nahwu dalam Bahasa Arab.

Kitab Nadhom Imrithi merupakan karya seorang ulama' yang alim dan ikhlas yang bernama Syekh Syarafuddin Yahya bin Badruddin Musa bin Ramadhan bin Umairoh Al-Imrithi yang merupakan ulama' alumni Universitas Al-Azhar Mesir.

Beliau tidak hanya ulama' yang ahli dalam tata bahasa arab, akan tetapi juga ahli dalam bidang fiqih dan ushul fiqih. Nama Al-Imrithi merupakan gelar disandarkan dengan nama desa kelahiran beliau yaitu Desa Amrith - Mesir. Selain Nadhom Imrithi, karya beliau di bidang fiqih dan ushul fiqih misalnya Nihayatut Tadzrib fin Nadzmi Ghoyatut Taqrib, Taisir fi Nadzmit Tahrir, dan Tashilut Turuqot li Nadzmil Waroqot.

Kitab Nadhom Al-Imriethie atau Nazom Imriti adalah matan Kitab Jurumiyyah ; kitab ilmu nahwu yang digubah menjadi bentuk nadhom / natsar / sya’ir serta mengurangi beberapa keterangan dalam Kitab Jurumiyyah yang kurang diperlukan dan menambahi beberapa keterangan yang dianggap cukup penting.

Berikut terjemah arti bahasa indonesia semua bab kitab kitab al Imrithi beserta artinya  (part 2) bab makrifat dan nakirah, bab af'al, i'rab fi'il, marfuat asma, naibul fa'il, mubtada' khabar,

>> lihat terjemahan sebelumnya part 1

bab makrifat dan nakirah - بَابُ المَعْرِفَةِ وَالنَّكِرةِ


وَإِنْ تُرِدْ تَعْرِيف الاِسْمِ النكرة … فَهْوَ الَّذي يَقْبَلُ أَلْ مَؤَثِّرَهْ

Jika kamu ingin mendefinisikan isim nakirah, yaitu isim yang menerima al muasstirah


وَغَيرُهُ مَعَارِفٌ وتُحْصَرُ … فِي سِتَّةٍ فَالأَوَّلُ مُضْمَرُ

Selain isim nakirah adalah makrifat , dan teringkas di enam, yang pertama adalah isim dlomir


يُكْنَى بِهِ عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَمِي … لِلْغَيْبِ والْحُضُورِ والتَّكَلمِ

Dibuat sebutan dari isim zohir, maka digolongkan pada ghoib, hadir dan takallum


وَقَسَّمُوهُ ثَانياً لِمُتَّصِلْ … مُسْتَتِرٍ أَوْ بَارِزٍ أَوْ مُنْفَصِلْ

Dan ulama’ membagi dlomir untuk yang kedua kalinya pada muttasil mustatir atau bariz, atau munfasil


ثَانِي المَعَارِفِ الشَّهِيرُ بِالْعَلَمْ … كَجَعْفَرٍ وَمَكَّةٍ وَكَالحَرَمْ

Makrifat yang kedua disebut alam, seperti Jakfar , Makkah dan haram


وَأُمُّ عَمْرٍو وَأَبي سَعِيدٍ … وَنَحْوِ كَهْفِ الظُّلْمِ وَالرَّشَيْدِ

Dan ummu amr dan abi said, dan seperti kahfi zulmi dan rosyid


فَمَا أَتَى مِنْهُ بِأُمٍّ أَوْ بِأَبْ … فَكُنْيَةٌ وَغَيْرُهُ اسْمٌ أَوْ لَقَبْ

Setiap yang di dahului umm atau ab maka itu kunyah, dan selain kunyah itu isim atau laqob


فَمَا بِمَدْحٍ أَوْ بِذَمٍّ مُشْعِرُ … فَلَقَبٌ وَالاِسْمُ مَا لاَ يُشْعِرُ

Dan yang menunjukkan pujian atau celaan itu laqob, isim adalah yang tidak menunjukkan


ثَالِثُهَا إِشَارَةٌ كَذَا وَذِي … رَابِعُهَا مَوْصُولُ الاِسْمِ كَالَّذِي

Yang ketiga adalah isyarah, seperti dza, dan dzi, yang keempat adalah mausul seperti alladzi


خَامِسُهَا مُعَرَّفٌ بِحَرْفِ أَلْ … كَمَا تَقُولُ فِي مَحَلِّ المَحَلْ

Yang kelima adalah yang dimakrifatkna dengan al, seperti ucapanmu di lafaz mahal al mahal


سَادِسُهَا مَا كَانَ مِنْ مُضَافِ … لِوَاحِدٍ مِن هذِهِ الأَصْنَافِ

Yang keenam adalah isim yang di mudlofkan pada salah satu kelompok-kelompok ini


كَقَوْلِكَ ابْنِي وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِي … وَابْنُ الَّذِي ضَرَبْتُهُ وَابْنُ الْبَذِي

Seperti ucapanmu, ibni, ibu Zaidin, ibnu dzi, ibu alladzi dlorobtuhu, ibnul badzi

 

بَابُ الْاَفْعَالِ  -  Bab Tentang Fi'il-Fi'il


اَفْعَالُهُمْ ثَلاَثَةٌ فِى الْوَاقِــعِ ......... مَاضٍى وَفِعْلُ الْاَمْرِ وَالْمُضِارِعِ

Fi'il-fi'il menurut ulama' ahli nahwu ada tiga dalam kenyataannya ...... Yaitu fi'il madli, fi'il amar, dan fi'il mudhorek

فَالْمَاضِى مَفْتُوْحُ الْاَخِيْرِ اِنْ قُطِعْ ...... عَنْ مُضْمَرٍ مُحَرَّكٍ بِهِ رُفِعْ

Fi'il madli difathah huruf akhirnya, jika terputus ...... Dari dlomir makhal rofa' mutaharrik

فَاِنْ اَتٰى مَعْ ذَا الضَّمِيْرِ سُكِّنَا ......  وَضَمُّهُ مَعْ وَاوِ جَمْعٍ عُيِّنَا

Jika fi'il madli datang bersamaan dengan dlomir rofa' mutaharrik maka harus disukun ......  Dan didlommah bersama wawu jama' yang tertentu

وَالْاَمْرُ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ  ...... أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْ نُوْنِ

Fi'il amar itu mabni pada sukun ......  Atau membuang huruf illat atau membuang nun

وَافْتَتَحُوْا مُضَارِعًا بِوَاحِدِ ......  مِنَ الْحُرُوْفِ الْاَرْبَعِ الزَّوَائِدِ

Ulama' ahli nahwu mengawali fi'il mudhorek dengan salah satu ......  Dari huruf-huruf empat tambahan (huruf mudhoro'ah)

هَمْزٌ وَنُوْنٌ وَكَذَا يَاءٌ وَتَا ...... يَجْمَعُهَا قَوْلِى اَنَيْتُ يَا فَتَى

(Huruf mudhoro'ah) yaitu hamzah, nun, ya', dan demikian pula ta' ...... Yang terkumpulkan dalam perkataanku اَنَيْتُ wahai pemuda

وَحَيْثُ كَانَتْ فِى رُبَاعِيٍّ تُضَمْ ...... وَفَتْحُهَا فِيْمَا سِوَاهُ مُلْتَزَمْ

Sekiranya fi'il mudhorek itu dari bina' ruba'i maka didhommah huruf mudhoro'ahnya ...... Dan difathah huruf mudhoro'ahnya di dalam bina' selain ruba'i secara tetap

 

Bab i’rab fi’il - بَابُ إِعْرَابِ الْفِعْلِ


رَفْعُ المُضَارعِ الَّذِي تَجَرَّدَا … عَنْ نَاصِبٍ وَجَازِمٍ تَأَبَّدَا

Rafaknya fiil mudlori yang sunyi dari yang menashabkan dan yang menjazemkan itu selamanya

فانْصِبْ بِعَشْرٍ وَهْيَ أَنْ وَلَنْ وَكَيْ … كَذَا إِذَنْ إِنْ صُدِّرَتْ وَلاَمُ كَيْ

Maka nashobkan dengan sepuluh, yaitu an, lan, kai, begitu juga idzan jika di permulaan, dan lam kai

وَلاَمْ جَحْدٍ وَكَذَا حَتَّى وَأَوْ … وَالْوَاوُ وَالْفَا فِي جَوَابٍ وَعَنَوْا

Dan lam jahd, begitu juga hatta dan au dan wawu dan fa jawab, dan ulama memaksudkan

بِهِ جَوَاباً بَعْدَ نَفْيٍ أَوْ طَلَبْ … كَلاَ تَرُمْ عِلْماً وتَتْرُكِ التَّعَبْ

Jawab setelah nafi atau tholab, seperti la tarum ilman wa tatruka taab

وَجَزْمُهُ بِلَمْ وَلَمَّا قَدْ وَجَبْ … وَلاَ وَلاَمٍ دَلَّتَا عَلَى الطَّلَبْ

Dan jazemnya fiil mudlori’ itu dengan lam dan lamma itu wajib, dan la dan la yang menunjukkan permintaan

كَذَاكَ إِنْ ومَا وَمَنْ وَإِذَ مَا … أَيٌّ مَتَى أَيَّانَ أَيْنَ مَهْمَا

Begitu juga in , ma , man, idzma, ayyun, mata, ayyana, aiana, mahma

وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَأَنَّى … كَإِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌو قمْنَا

Hastuma, kaifama, anna. Seperti in yaqum zaidun wa amrun qumna

وَاجْزِمْ بِإِنْ وَمَا بِهَا قَدْ أُلْحِقَا … فِعْلَيْنِ لَفْظاً أَوْ مَحَلاًّ مُطْلَقَا

Dan jazemkan dengan in dan kalimat yang disamakan dengan in dua fiil secara lafaz atau mahal secara mutlak

وَلْيَقْتَرِنْ بِالْفَا جَوَابٌ لَوْ وَقَعْ … بَعْدَ الأَدَاةِ مَوْضِعَ الشَّرْطِ امْتَنَعْ

Dan jawab sertakan fa jika, jika jatuh setelah adat yang tidak menempati tempat syarat 


Bab isim-isim yang di baca rafa - بَابُ مَرْفَوعَاتِ الأَسْمَاءِ*


مَرْفُوعُ الاسْمَا سَبْعَةٌ نَأْتي بِهَا … مَعْلُومَةَ الأَسْمَاءِ مِنْ تَبْوِيبِهَا


Isim yang di baca rafa itu tujuh, yang akan kita datangkan secara maklum dari bab-bab nya


فَالْفَاعِلُ اسْمٌ مُطْلَقاً قَدِ ارْتَفَعْ … بِفِعْلِهِ وَالْفِعْلُ قَبْلَهُ وَقَعْ


Fail adalah isim yang mutlak yang di rafakkan dengan fiilnya, dan fiil itu jatuh sebelum fail


وَوَاجِبٌ فِي الْفِعْلِ أَنْ يُجَرَّدَا … إِذَا لِجَمْعٍ أَوْ مُثَنَّى أُسْنِدَا


Fiil wajib mufrad jika di sandarkan pada jama atau tastniyah


فَقُلْ أَتَى الزَّيْدَانِ وَالزَّيْدُونَا … كَجَاءَ زَيْدٌ وَيَجِي أَخُونَا


Maka ucapkan ata zaidani wa zaiduna, seperti jaa zaidun, wa yaji akhuna


وَقَسَّمُوهُ ظَاهِراً وَمُضْمَرَاً … فَالظَّاهِرَ اللَّفْظُ الَّذِي قَدْ ذكِرَا


Ulama membagi fail dhohir dan dlomir, dhohir adalah lafaz yang di sebut


وَالمُضْمَرُ اثْنَا عَشَرَ نَوْعاً فُسِّمَا … كَقُمْتُ قُمْنا قُمْتَ قُمْتِ قُمْتُمَا


Dlomir itu dibagi dua belas macam, seperti qumtu , qumna, qumta, qumti , qumtuma


قُمْتُنَّ قُمْتُمْ قَامَ قَامَتْ قاما … قَامُوا وَقُمْنَ نَحْوُ صُمْتُمْ عَامَا


Qumtunna, qumtum, qoma, qomat, qoma, qomu, qumna, seperti sumtum aman


وَهَذِهِ ضَمَائرٌ مُتَّصِلَهْ … وَمِثْلُهَا الضَّمَائِرُ المُنْفَصِلَهْ


Ini adalah dlomir muttasil, seperti itu adalah dlomir munfasil


وَغَيْرُ ذَيْنِ بِالْقِيَاسِ يُعْلَمُ … كَلَمْ يٍقُمْ إِلاَّ أَنَا أَوْ أَنْتُمُ


Selain dua ini dapat diketahui dengan persamaan, seperti lam yaqum illa ana atau antum 

 

Bab pengganti fail - بَابُ نَائِبِ الْفَاعِلِ


أَقِمْ مَقَامَ الْفَاعِلِ الَّذِي حُذِفْ … مَفْعُولَهُ فِي كُلِّ مَالَهُ عُرِفْ


Tempatkan maf’ul di tempatnya fail yang di buang , di setiap hukum-hukum yang telah di ketahui


أَوْ مَصْدَراً أَوْ ظَرْفاً أَوْ مَجْرُورَا … إِنْ لَمْ تَجِدْ مَفْعُولَهُ المَذْكُورَا


Atau masdar atau dhorof atau kalimat yang di jerkan jika kammu tidak mendapati maf’ulnya di sebut


وَأَوَّلُ الْفِعْلِ الَّذِي هُنَا يُضَمّ … وَكَسْرُ مَا قَبْلَ الأَخَيْرِ مُلْتَزَمْ


Permulaan fiil yang di bab ini itu di dlommah, dan mengkasrah huruf yang sebelum akhir itu di 

wajibkan


فِي كُلِّ مَاضٍ وَهْوَ فِي المُضَارعِ … مُنْفَتِحٌ كَيُدَّعَى وَكَادُّعِي


Di setiap fiil madli, huruf itu di mudlori itu di fathah seperti yudda’a dan uddu’i


وَأَوَّلُ الفِعْلِ الَّذِي كَبَاعَا … مُنْكَسِرٌ وَهْوَ الَّذِي قَدْ شَاعَا


Awal fiil yang seperti ba’a itu di kasrah, itu adalah yang masyhur


وَذَاكَ إِمَّا مُضْمَرٌ أَوْ مُظْهَرُ … ثَانِيهِمَا كَيُكْرَمُ المُبَشِّرُ


Na’ibul fail itu ada yang dlomir atau dhohir, yang kedua itu seperti yukramu al mubasyyiru


أَمَّا الضَّمِيْرُ فَهْوَ نَحْوُ قَوْلِنَا … دُعِيتُ أُدْعى مَا دُعِي إِلاَّ أَنَا


Adapun dlomir itu seperti ucapan kita: du’itu, ud’a, ma dua’itu illa ana

 

Bab mubtada dan khobar - بَابُ المُبْتَدَإ وَالْخَبَر


الْمُبْتُدَا اسْمٌ رَفْعُهُ مُؤَبَّدُ … عَنْ كَلِّ لَفْظٍ عَامِلٍ مُجَرَّدُ


Mubtada itu isim yang rafaknya selamanya, yang di sunyikan dari setip amil lafdzi


وَالْخَبَرُ اسْمُ ذُو ارْتِفَاعٍ أُسْنِدَا … مُطَابِقاً فِي لَفْظِهِ لِلْمُبْتَدَا


Khobar adalah isim yang di baca rafak yang di sandarkan pada mubtada seraya cocok lafaznya


كَقَوْلِنَا زَيْدٌ عَظَيمُ الشَّانِ … وَقَوْلِنَا الزَّيْدَانِ قائِمَانِ


Seperti ucapan kita zaid itu derajatnya agung, dan ucapan kita dua zaid itu berdiri


وَمِثْلُهُ الزَّيْدُونَ قائِمُونَا … وَمِنْهُ أَيْضاً قَائِمٌ أَخُونَا


Seperti itu beberapa zaid itu berdiri, dan di antara itu juga orang yang berdiri adalah saudara kita


وَالْمُبْتَدَا اسْمٌ ظَاهِرٌ كَمَا مَضى … أَو مُضْمَرٌ كَأَنْتَ أَهْلٌ لِلقَضَا


Mubtada itu isim dzohir seperti yang telah lewat, atau dlomir seperti kamu adalah ahli dalam menghukum


وَلاَ يَجُوزُ الاِبْتِدَا بِمَا اتَّصَلْ … مِنَ الضَّمِيرِ بَلْ بِكُلِّ مَا انْفَصَلْ


Dan tidak boleh membuat mubtada dengan dlomir muttasil, tetapi dengan dlomir munfasil


أَنَا وَنَحْنُ أَنْتَ أَنْتِ أَنْتُمَا … أَنْتُنَّ أَنْتُمْ وَهْوَ وَهْيَ هُمْ هُمَا


Ana, nahnu, anta, anti, antuma, antunna, antum , huwa, hiya hum huma


وَهُنَّ أَيْضاً فَالجَمِيعُ اثْنَا عَشَرْ … وَقَدْ مَضى مِنْهَا مِثَالٌ مُعْتَبَرْ


Dan juga hunna, seluruhnya itu dua belas, dan telah lewat contoh yang baik


وَمُفْرَداً وَغَيْرُهُ يَأْتِي الخَبَرْ … فَالأَوَّلُ اللَّفْظُ الَّذِي فِي النَّظْمِ مَرّ


Khobar itu datang secara mufrad dan selain mufrad, yang pertama itu lafaz yang di nazom yang telah lewat


وَغَيْرُهُ فِي أَرْبَعٍ مَحْصُورُ … لاَ غَيْرُ وَهْيَ الظَّرْفُ وَالْمَجْرُورُ


Dan selain mufrad itu terhitung di empat, tidak yang lain- yaitu dzorof, dan isim yang di jerkan


وَفَاعِلٌ مَعْ فِعْلِهِ الَّذِي صَدَرَ … وَالْمُبْتَدَا مَعْ مَالَهُ مِنَ الخَبَرْ


Dan fail beserta fiilnya yang menjadi permulaan, dan mubtada serta khobar yang menjadi miliknya


كَأَنْتَ عِنْدِي وَالْفَتَى بِدَارِي … وَابْنِي قَرَا وَذَا أَبُوهُ قَارِي


Seperti kamu itu di samping saya, dan pemuda itu dai rumahku, dan anakku itu membaca, dan orang ini itu yang ayahnya membaca


>> baca lanjut Terjemah Arti Nadzhom Al Imrithi Lengkap Semua Bab (part 3)