Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadis Keutamaan Menghafal 40 Hadis Kitab Arbain Nawawi

 

Hadis Keutamaan Menghafal 40 Hadis Kitab Arbain Nawawi
Hadis Keutamaan Menghafal 40 Hadis Kitab Arbain Nawawi

 Kitab Arbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah (Arab:الأربعون النووية) Arba’în  berarti 40 , namun hadis dalam kitab ini tidak berjumlah persis 40, melainkan 42 hadits. Hadits dalam arbain nawawi berkaitan dengan pilar-pilar dalam agama Islam baik ushul (pokok) maupun furu’ (cabang), serta hadits-hadits yang berkaitan dengan jihad, zuhud, nasihat, adab, niat-niat yang baik dan semacamnya

Hadits-hadits dalam Arbaîn Nawawiyah merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam, atau setengahnya, atau sepertiganya berlandaskan pada hadits-hadits dalam kitab ini.

Penyusun atau pengarang kitab arbain nawawi adalah Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi (الإمام العلامة أبو زكريا محيي الدين بن شرف النووي الدمشقي), atau lebih dikenal sebagai Imam Nawawi, adalah salah seorang ulama besar mazhab Syafi'i.

Beberapa hadis diriwayatkan oleh ulama mengisyaratkan keutamaan menghafal 40 Hadis, riwayat-riwayat tersebut ada yang berkatagori hadis da’if, ada juga yang hasan. Beberapa diantaranya dinukil oleh Imam al-Nawawi dalam al-Arba’innya dengan menegaskan bahwa riwayatnya diriwayatkan dari beberapa orang sahabat: Ali, Ibn Mas’ud, Mu’az, Abu Zarr, Ibn Umar, Ibn Abbas, Anas, Abu Hurairah dan Abu Sa’id al-Khudri.

Riwayat yang disebutkan Imam al-Nawawi adalah:

مَنْ حَفِظَ عَلَى أُمَّتِي أَرْبَعِينَ حَدِيثًا مِنْ أَمْرِ دِينِهَا بَعَثَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيْ زُمْرَةِ الْفُقَهَاءِ وَالْعُلَمَاء.

“Barang siapa dari umatku hafal empat puluh hadis tentang agamanya, maka pada hari Kiamat nanti ia akan dibangkitkan dalam kelompok fuqaha’ dan para ulama.” (H.R. Al-Baihaqi)

Dalam riwayat lain:

بعثه الله فقيهاً عالماً

Allah bangkitkan dia sebagai seorang pakar fiqh dan seorang ulama.

Dalam riwayat Abu al-Darda’:

وكنت له يوم القيامة شافعاً وشهيداً

Nanti pada hari kiamat Aku (Muhammad) akan memberinya syafa’at  dan kesaksian.

Dalam riwayat Ibn Mas’ud:

أدخل من أي أبواب الجنة شئت

Dikatakan kepada mereka: Masuklah ke surga dari pintu mana saja yang kamu suka.

Dalam riwayat Ibn Umar:

كُتب في زمرة العلماء وحشر في زمرة الشهداء

Dicatat dalam kelompok ulama, dan dikumpulkan (di Mahsyar) dalam kelompok syuhada.

Namun lanjut al-Nawawi, kesemua riwayat di atas adalah lemah/da’if, akan tetapi hadis da’if boleh digunakan dalam fada’il a’mal/keutamaan amalan





>> baca terjemah kitab arbain nawawi lengkap