Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemahan Bab Maful Ma'ah - Kitab Al Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasan

 
Terjemahan Bab Maful Ma'ah - Kitab Al Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasan

> DAFTAR ISI <

 مَتْنُ الْآجُرُّومِيَّةِ  للشيخ الصنهاجي

Matan Nadzhom Kitab Al Jurumiyah

 Penyusun /Pengarang : Ibnu Aajurruumi Muhammad bin Muhammad bin Dawud As-Shanhaji Alfaasiy

Terjemah Bab Maful Ma'ah - بَابُ الْمَفْعُوْلِ مَعَهُ
 

وَهُوَ الْاِسْمُ الْمَنْصُوْبُ الَّذِيْ يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ الْفِعْلُ، نَحْوُ قَوْلِكَ: جَاءَ الْأَمِيْرُ وَالْجَيْشَ،وَاسْتَوَى الْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ.

Maf’ul ma’ah ialah isim yang dibaca nashob yang disebutkan untuk menjelaskan perkara , yang perkara itu disertai perkara yang lain . seperti ucapanmu : jaa’al amiiru wal jaisya (telah datang seorang panglima beserta pasukanya) , istawal maa’u wal khosyaba  (telah rata air dengan kayu).

وَأَمَّا خَبَرُ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا، وَاِسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا، فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي الْمَرْفُوْعَاتِ، وَكَذَلِكَ التَّوّابِعُ فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ.

Adapun khobarnya kaana dan saudara saudaranya , dan isimnya inna dan saudara saudaranya telah diterangkan pada bab isim isim yang dirafa’kan , demikian pula lafadz lafadz yang mengikuti ( na’at , athaf , taukid , badal ) yang semuanya telah diterangkan di bab bab terdahulu .

------------

Terjemah Bab Maf’ul Ma’ah

Maf’ul ma’ah termasuk isim yang dinashabkan yang disebut untuk menjelaskan penyertaan seseorang atau sesuatu dalam suatu perbuatan. Contohnya :

جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ وَاِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ

(Seorang pemimpin telah datang bersama tentaranya, Air mengalir bersama kayu)
Adapun pembahasan tentang “khabar kaana” dan “saudara-saudara kaana” dan “isim inna” dan “saudara-saudara inna”  maka sungguh telah diberikan penjelasannya pada bab isim-isim yang di-rafa’a-kan begitu juga dengan pembahasan kata pengikut yang di-nashab-kan (na’at, ‘athaf, taukid, badal)  telah dijelaskan disana.