Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Penggantian Huruf | الإِبْدَالُ

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Penggantian Huruf | الإِبْدَالُ

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab


Bab Penggantian Huruf
الإِبْدَالُ

أَحْرُفُ الابْدَالِ هَدَأْتَ مُوْطِيَا *** فَأَبْدِلِ الْهَمْزَةَ مِنْ وَاوٍ وَيَا

Huruf-huruf ibdal terhimpun daiam lafaz "Hadatu muuthiyan", maka tukarlah hamzah dengan wawu dan ya.


آخِرَاً اثْرَ أَلِفٍ زِيْدَ وَفِي *** فَاعِلِ مَا أُعِلَّ عَيْنَاً ذَا اقْتُفي

 Bila ia berada di akhir kalimat dan terletak sesudah alif tambahan. Hal ini diberlakukan pula terhadap isim fa'il dari lafaz yang mu'tal 'ainnya


وَالْمَدُّ زِيْدَ ثَالِثَاً فِي الْوَاحِدِ *** هَمْزَاً يُرَى فِي مِثْلِ كَالْقَلاَئِدِ

Huruf madd yang ditambahkan pada urutan ketiga dalam bentuk mufrad akan tampak sebagai hamzah dalam hal seperti lafaz qalaaidu.


كَذَاكَ ثَانِي لَيّنَيْنِ اكْتَنَفَا *** مَدَّ مَفَاعِلَ كَجَمْعٍ نَيِّفَا

Demikian pula huruf yang kedua dari dua huruf len bila keduanya mengandung huruf madd wazan mafaa'iila, seperti dalam jamak lafaz nayyifa


وَافْتَحْ وَرُدَّ الْهَمْزَ يَا فِيْمَا أُعِلّ *** لاَمَاً وَفِي مثلِ هِرَاوةٍ جُعِلْ

Fathah-kanlah dan kembalikanlah hamzah menjadi ya dalam lafaz yang mu'tal lam, dan dalam contoh seperti lafaz hiraawatun ham zah dijadikan


وَاوَاً وَهَمْزَاً أَوَّلَ الْوَاوَيْنِ رُدّ *** فِي بَدْءِ غَيْرِ شِبْهِ وُوَفِيَ الأَشُدّ

 wawu. Kembalikanlah hamzah di awal kedua wawu, dalam per mulaan selain yang serupa dengan lafaz wuufiyal asyadd


وَمَدًّا ابْدِلْ ثَانِيَ الْهَمْزَيْنِ مِنْ *** كِلْمَةٍ انْ يَسْكُنْ كَآثِرْ وَائْتُمِنْ

Gantikanlah hamzah yang kedua dengan huruf madd dari suatu kalimat, apabila hamzah yang kedua itu di-sukun-kan, seperti lafaz aatsir dan utumin.


إِنْ يُفْتَحِ اثْرَ ضَمٍّ اوْ فَتْحٍ قُلِبْ *** وَاوَاً وَيَاءً إِثْرَ كَسْرٍ يَنْقَلِبْ

Apabila hamzah yang kedua di-fathah-kan sesudah harakat dhammah atau fathah, maka ia diganti menjadi wawu; dan diganti menjadi ya apabila terletak sesudah kasrah.


ذُو الْكَسْرِ مُطْلَقَاً كَذَا وَمَا يُضَمُّ *** وَاوَاً أَصِرْ مَا لَمْ يَكُنْ لَفْظَاً أَتَمُّ

Hamzah yang di-kasrah-kan demikian juga (diganti dengan ya) secara mutlak, dan bagi hamzah yang di-dhammah-kan jadikanlah wawu selagi lafaz yang bersangkutan tidak dipungkasi dengannya.


فَذَاكَ يَاءً مُطْلَقَاً جَا وَأَؤمُّ *** وَنَحْوُهُ وَجْهَيْنِ فِي ثَانِيهِ أمْ

Yang demikian itu (yakni bila hamzah yang kedua berada pada akhir kalimat) maka diganti ya secara mutlak. Bagi lafaz aummu dan yang sejenis dengannya boleh dua macam bacaan pada hamzah yang keduanya.


وَيَاءً اقْلِبْ أَلِفاً كَسْرَاً تَلاَ *** أَوْ يَاءَ تَصْغِيْرٍ بِوَاوٍ ذَا افْعَلاَ

Gantilah alif dengan ya manakala ia menyertai harakat kasrah, atau ya tashghir, dan lakukan pula hal ini terhadap wawu


فِي آخِرٍ أَوْ قَبْلَ تَا الْتَّأْنِيْثِ أَوْ *** زِيَادَتَيْ فَعْلاَنَ ذَا أَيْضَاً رَأَوْا

bila ia berada di akhir kalimat, atau terletak sebelum ta ta-nits, atau sebelum dua huruf tambahan wazan fa'laana. Yang demikian itu diriwayatkan pula oleh mereka


فِي مَصْدَرِ الْمُعْتَلِّ عَيْنَاً وَالْفِعَلْ *** مِنْهُ صَحِيْحٌ غَالِبَاً نَحْوُ الْحِوَلْ

 dalam mashdar yang mu'tal 'ain-nya, sedangkan dalam fi'il-nya sebagian besar daripadanya dianggap sahih, seperti lafaz al-hiwal.


وَجَمْعُ ذِي عَيْنٍ أُعِلَّ أَوْ سَكَنْ *** فَاحْكُمْ بِذَا الإِعْلاَلِ فِيْهِ حَيْثُ عَنّ

Jamak lafaz yang mu'tal 'ain-nya atau yang di-sukun-kan, maka tetapkanlah terhadapnya hukum i'lat ini sekiranya hal ini dikemukakan.


وَصَحَّحُوَا فِعَلَةً وَفِي فِعَلْ *** وَجْهَانِ وَالإِعْلاَلُ أَوْلَى كَالْحِيَلْ

Mereka menganggap sahih wazan fi'alatun, tetapi dalam lafaz yang berwazan fi'alun ada dua segi bacaan, dan bacaan i'lal adalah yang lebih utama seperti lafaz al hiyal


وَالْوَاوُ لاَمَاً بَعْدَ فَتْح يَا انْقَلَبْ *** كَالْمُعْطَيَانِ يُرْضَيَانِ وَوَجَب

Huruf wawu yang menjadi lam kalimah sesudah harakat fathah di ganti menjadi ya, seperti lafaz mu'thayaani yurdhiyaani. Dan diwajibkan.


إِبْدَالُ وَاوٍ بَعْدَ ضَمٍّ مِنْ أَلِفْ *** وَيَا كَمُوْقِنٍ بِذَا لهَا اعْتُرِفْ

mengganti alif sesudah dhammah dengan wawu, dan ya seperti pa da lafaz muuqinun; maka gunakanlah hal ini terhadapnya.


وَيُكْسَرُ الْمَضْمُوْمُ فِي جَمْعٍ كَمَا *** يُقَالُ هِيْمٌ عِنْدَ جَمْعِ أَهْيَمَا

Harakat dhammah dalam jamak di-kasrah-kan, seperti yang per nah dikatakan hiimun bentuk jamak dari lafaz ahyamaa


وَوَاوَاً اثْرَ الْضَّمِّ رُدَّ الْيَا مَتَى *** ألْفِيَ لاَمَ فِعْلٍ اوْ مِنْ قَبْلِ تَا

Huruf ya yang terletak sesudah harakat dhammah dikembalikan menjadi wawu, manakala huruf ya ditemukan berada pada lam fi'il, atau terletak sebelum ta ta-nits.


كَتَاءِ بَانٍ منْ رَمَى كَمَقْدُرَهْ *** كَذَا إِذَا كَسَبُعَانَ صَيَّرَهْ

Seperti ta makni yang dibangun dari lafazh Ramaa seperti lafazh magdurah. Demikian pula apabila ia dibentuk seperti wazan lafaz sabu'aana.


وَإِنْ تَكُنْ عَيْنَاً لِفُعْلَى وَصْفَا *** فَذَاكَ بِالْوَجْهَيْنِ عَنْهُمْ يُلْفَى

Apabila huruf ya berkedudukan sebagai 'ain kalimah dari wazan fu'laa yang menjadi kata sifat, maka hal tersebut ditemukan dari mereka boleh dibaca dua segi.

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Penggantian Huruf | الإِبْدَالُ"