Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’ | َفصْلٌ في اجتماع الواو والياء

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’ | َفصْلٌ في اجتماع الواو والياء

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab

َفصْلٌ في اجتماع الواو والياء
Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’

إِنْ يَسْكُنِ الْسَّابِقُ مِنْ وَاوٍ وَيَا  *** وَاتَّصَلاَ وَمِنْ عُرُوْضٍ عَرِيَا

Apabila huruf yang terdahulu dari wawu dan ya di-sukun-kan, dan keduanya muttashil berhubungan langsung, serta keduanya terbebas dari hal-hal yang baru,


فَيَاءً الْوَاوَ اقْلِبَنْ مُدْغِمَا  *** وَشَذَّ مُعْطَى غَيْرَ مَا قَدْ رُسِمَا

maka gantilah wawu dengan ya untuk di-idgham-kan; dan dianggep syadz lafaz mu'than, yakni selain dari yang telah digambarkan tadi,


مِنْ وَاوٍ أَوْ يَاءٍ بِتَحْرِيْك أُصِلْ  *** أَلِفَاً ابْدِلْ بَعْدَ فَتْحٍ مُتَّصِلْ

Gantilah wawu atau ya dengan alif karena mempunyai harakat asli dan terletak sesudah harakat fathah yang mutashil dengannya.


إِنْ حُرِّكَ الْتَّالِي وَإِنْ سُكِّنَ كَفّ  *** إِعْلاَلَ غَيْرِ الَّلامِ وَهْيَ لاَ يُكَفّ

Pula, bila huruf sesudahnya bernarakat. Bila huruf sesudahnya ber.. harakat sukun, dilarang melakukan i'lal terhadap selain lam. Wawu atau ya tidak dilarang


إِعْلاَلُهَا بِسَاكِنٍ غَيْرِ أَلِفْ *** أَوْ يَاءٍ الْتَّشْدِيْدُ فِيْهَا قَدْ أُلِفْ

untuk di-i'lal-kan disebabkan sukun yang bukan alif atau ya tasydid yang ditemukan di dalamnya


وَصَحّ عَيْنُ فَعَلٍ وَفَعِلاَ  *** ذَا أَفْعَلٍ كَأَغْيَدٍ وَأَحْوَلاَ

Dianggap sahih 'ain kalimah wazan fa'ala dan fa'ila yang memiliki wazan afala, seperti lafaz aghyada dan ahwala


وَإِنْ يَبِنْ تَفَاعُلٌ مِنِ افْتَعَلْ  ***  وَالْعَيْنُ وَاوٌ سَلِمَتْ وَلَمْ تُعَلّ

Apabila jelas wazan ifta'ala mengandung makna tafaa'ala, sedangkan 'ain fi'il-nya adalah wawu, dianggap selamat dan tidak di-i'lal-Kan


وَإِنْ لِحَرْفَيْنِ ذَا الإِعْلاَلُ اسْتُحِقّ  *** صُحِّحَ أَوَّلٌ وَعَكْسٌ قَدْ يَحِقّ

Apabila kedua huruf ini (wawu dan ya) berhak untuk menerima i'lal ini, maka yang pertama dianggap lebih berhak untuk di-tashhih-kan, dan terkadang kebalikannya terjadi pula.


وَعَيْنُ مَا اخِرَهُ قَدْ زِيْدَ مَا  *** يَخُصُّ الاسْمَ وَاجِبٌ أَنْ يَسْلَمَا

Ain kalimah dari lafaz di akhirnya diberi huruf tambahan khusus bagi isim, maka wawu atau ya wajib diselamatkan.


وَقَبْل بَا اقْلِبْ مِيْمَاً الْنُّوْنَ إِذَا *** كَانَ مُسَكَّنَاً كَمَنْ بَتَّ انْبِذَا

Huruf nun yang terletak sebelum ba gantilah dengan mim, apabila un di-sukun-kan, seperti dalam lafaz: Man batta inbidzaa (barang siapa yang memutuskan hubungan maka jauhilah dia)

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’ | َفصْلٌ في اجتماع الواو والياء"