Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Tashghir | التَّصْغِيرُ

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Tashghir | التَّصْغِيرُ

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab

التَّصْغِيرُ
Tasgir

فُعَيْلاً اجْعَلِ الْثُّلاَثِيَّ إِذَا *** صَغَّرْتَهُ نَحْوُ قُذَيٍّ فِي قَذَا

Dengan memakai wazan fu'aylun jadikanlah isim tsulatsii apabila men-tashghir-kannya, seperti lafaz qudzayyun sebagai bentuk tash ghir dari lafaz qadzaa. 


فُعَيْعِلٌ مَعَ فُعَيْعِلٍ لِمَا  ** فَاقَ كَجَعْلِ دِرْهَمٍ دُرَيْهِمَا

Wazan fu'ai'ilun serta wazan fu'ai'iilun untuk isim yang lebih dari tiga huruf, seperti membuat lafaz dirhamun menjadi duraihimun.


وَمَا بِهِ لِمُنْتَهَى الْجَمْعِ وُصِلْ ***  بِهِ إِلَى أَمْثِلَةِ الْتَّصْغِيْرِ صِلْ

Hal-hal yng telah ditentukan bagi shighat muntahal jum'u tentukan pulalah hal tersebut dalam membentuk contoh-contoh tashghir.


وَجَائِزٌ تَعْوِيْضُ يَا قَبْلَ الْطَّرَفْ  *** إِنْ كَانَ بَعْضُ الاسْمِ فِيْهمَا انْحَذَفْ

Diperbolehkan memakai ya sebelum huruf akhir, sebagai gantinya, yaitu apabila sebagian hurufnya dalam bentuk jamak dan tashghir harus dibuang


وَحَائِدٌ عَنِ الْقِيْاسِ كُلُّ مَا  *** خَالَفَ فِي الْبَابَيْنِ حُكْمَاً رُسِمَا

Semua hal yang berbeda dengan ketentuan yang telah digariskan dalam dua bab tadi (bab jamak dan bab tashghir) dianggap menyimpang dari kias (patokan).


لِتِلْوِيَا الْتَّصْغِيْرِ مِنْ قَبْلِ عَلَمْ ***  تَأْنِيْثٍ اوْ مَدَّتِهِ الْفَتْحُ انْحَتْم

Huruf yang menyertai ya tashghir, yaitu sebelum alam ta'nits atau sebelum madd-nya, harus di-fathah-kan.


كَذَاكَ مَا مَدَّةَ أَفْعَالٍ سَبَقْ ***  أَوْ مَدَّ سَكْرَانَ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ

 Demikian pula huruf yang mendahului huruf madd wazan afaalu atau madd lafaz sakraan dan yang di-mulhaq-kan kepadanya


وَأَلِفُ الْتَّأْنِيْثِ حَيْثُ مُدَّا ***  وَتَاؤُهُ مُنْفَصِلَيْنِ عُدَّا

Alif ta-nits manakala di-mamdud-kan dan juga ta ta-tanits, kedua- nya dianggap terpisah.


كَذَا الْمَزِيْدُ آخِرَاً لِلْنَّسَبِ ***  وَعَجُزُ الْمُضَافِ وَالْمُرَكَّبِ

Demikian pula huruf yang ditambahkan di akhir lafaz untuk tujuan nasab, serta bagian kedua dari mudhaf dan murakkab


وَهَكذَا زِيَادَتَا فَعْلاَنَا  *** مِنْ بَعْدِ أَرْبَعٍ كَزَعْفَرَانَا

Demikian pula kedua huruf tambahan yang ada pada wazan falaa na yang terletak sesudah empat huruf seperti lafaz za'faraana.


وَقَدِّرِ انْفِصَال مَا دَلَّ عَلَى ***  تَثْنِيَةٍ أَوْ جَمْعِ تَصْحِيْحٍ جَلا

 Anggaplah sebagai huruf yang terpisah, yaitu huruf yang menun jukkan tatsniyah atau jamak tashhih yang jelas


وَأَلِفُ الْتَّأْنِيْثِ ذُو الْقَصْر مَتَى ***  زَادَ عَلَى أَرْبَعَةٍ لَنْ يُثْبَتَا

Alif ta-nits maqshurah, manakala ditambahkan sesudah empat huruf, maka keberadaannya tidak dapat dikuatkan lagi.


وَعِنْدَ تَصْغِيْرِ حُبَارَى خَيِّرِ ***  بَيْنَ الْحُبَيْرَى فَادْرِ وَالْحُبَيِّر

Pilihlah dikala men-tashghir-kan lafaz hubaaraa, antara hubairaa dan hubayyir, agar hal ini dapat diketahui


وَارْدُدْ لأَصْلٍ ثَانِيَاً لَيْنَاً قُلِبْ ***  فَقِيْمَةً صَيِّرْ قُوَيْمَةً تُصِبْ

Kembalikanlah kepada huruf asalnya, yaitu huruf len yang terl tak pada urutan nomor dua, dan lafaz qüimatun jadikanlah bentuk tashghir-nya menjadi quwaimatun, berarti itu benar.


وَشَذَّ فِي عِيْدٍ عُيَيْدٌ وَحُتِمْ ***  لِلْجَمْعِ مِنْ ذَا مَا لِتَصْغِيْرٍ عُلِمْ

 Bentuk tashghir iidun adalah uyaydun, hal ini dianggap syadz, dan diharuskan men-jamak-kan lafaz seperti ini memberlakukan keten- tuan yang dipakai dalam bab tashghir.


وَالأَلِفُ الْثَّانِ الْمَزِيْدُ يُجْعَلُ ***  وَاوَاً كَذَا مَا الأَصْلُ فِيْهِ يُجْهَلُ

Alif zaidah yang terletak pada urutan kedua diganti menjadi wawu, demikian pula huruf nomor dua, tetapi asalnya tidak diketahui.


وَكَمِّلِ الْمَنْقُوْصَ فِي الْتَّصْغِيْرِ مَا ***  لَمْ يَحْوِ غَيْر الْتَّاءِ ثَالِثَاً كَمَا

Sempurnakanlah isim manqush dalam bentuk tashghir, selagi tida mengandung tiga huruf selain ta seperti lafaz maa.


وَمَنْ بِتَرْخِيْمٍ يُصَغَّرُ اكْتَفَى  *** بِالأَصْلِ كَالْعُطَيْفِ يَعْنِي الْمِعْطَفَا

Nama seseorang yang di-tarkhim-kan bentuk tashghir-nya cukup dengan huruf asalnya, seperti lafaz uthaifun, yakni sebagai bentuk tashghir dari lafaz mi'thafun.


اخْتِمْ بِتَا الْتَّأْنِيْثِ مَا صَغَّرْتَ مِنْ ***  مُؤنَّثٍ عَارٍ ثُلاَثِيٍّ كَسِنّ

Akhirilah dengan ta ta-nits lafaz yang di-tashghir-kan dari isim muannats yang terbebas dari alamat ta-nits yang terdiri dari tiga huruf, seperti lafaz sinnun,


مَا لَمْ يَكُنْ بِالْتَّا يُرَى ذَا لَبْسِ ***  كَشَجَرٍ وَبَقَرٍ وَخَمْسِ

selagi bila ditambahkan ta tidak terjadi labs, seperti lafaz syajarun baqarun, dan khamsun.


وُشَذَّ تَرْكٌ دُوْنَ لَبْسٍ وَنَدَرْ ***  لَحَاقُ تَا فِيْمَا ثُلاَثِيًّا كَثَرْ

Dianggap syadz tidak memakai ta dalam keadaan aman dari labs dan jarang meng-ilhaq-kan ta dan isim yang lebih dari tiga huruf


وَصَغَّرُوَا شُذُوْذَاً الَّذِي الَّتِي ***  وَذَا مَعَ الْفُرُوْعِ مِنْهَا تَا وَتِي

Mereka men-tashghir-kan secara syadz, al ladzii, al latii dan dzaa, berikut furu' (cabang-cabangnya) yang antara lain adalah ta dan tii.

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Tashghir | التَّصْغِيرُ"