Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Isim yang Tidak Munshorif | مَا لاَ يَنْصَرِفُ

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Isim yang Tidak Munshorif | مَا لاَ يَنْصَرِفُ

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab

مَا لاَ يَنْصَرِفُ / Ma Laa Yanshorif

الصَّرْفُ تَنْوِيْنٌ أَتَى مُبَيِّنَا *** مَعْنًى بِهِ يَكُونُ الاسْمُ أَمْكَنَا

Ash sharf adalah tanwin yang didatangkan untuk menjelaskan makna; dengan tanwin itu isim dinamakan isim amkan.


فَأَلِفُ التَّأْنِيْثِ مُطْلَقَاً مَنَعْ  ***  صَرْفَ الَّذِي حَوَاهُ كَيْفَمَا وَقَعْ

Alif tanits secara mutlak dapat mencegah sharf (tanwin) dari isim yang mengandunginya, manakala memasukinya.


وَزَائِدَا فَعْلاَنَ فِي وَصْف سَلِمْ *** مِنْ أَنْ يُرَى بِتَاء تَأْنِيْثٍ خُتِمْ

Dan huruf zaidah seperti wazan fa'laana sebagai sifat yang terbebas dari ta tanits pada akhirnya bila dimu'annats-kan.


وَوَصْفٌ اصْلِيٌّ وَوَزْنُ أَفْعَلاَ *** مَمْنُوع تَأْنِيْثٍ بِتَا كَأَشْهَلاَ

Dan juga sifat yang asli serta wazan afala yang bentuk muannatsnya tidak memakai ta, seperti lafaz "asyhala".


وَأَلغِيْنَّ عَارِضَ الوَصْفِيَّهْ *** كَأَرْبَعٍ وَعَارِضَ الإِسْمِيَّةْ

Hapuskanlah status ini dari sifat yang 'aridh seperti lafaz arbain dan juga dari isim yang 'aridh.


فَالأَدْهَمُ القَيْدُ لِكَونِهِ وُضِعْ *** فِي الأَصْلِ وَصْفَاً انْصِرَافُهُ مُنِعْ

Tetapi lafaz adham yang berarti belenggu, karena  bentuk asalnya digunakan sebagai sifat, maka dicegah dari tanwin.


وَأَجْدَلٌ وَأَخْيَلٌ وَأَفْعَى *** مَصْرُوفَةٌ وَقَدْ يَنَلنَ المَنْعَا

Lafaz ajdalun, akhyalun dan afaa menerima tantin, terkadang semuanya tidak menerima tanwin.


وَمَنْعُ عَدْلٍ مَعَ وَصْفٍ مُعْتَبَرْ ***  فِي لَفْظ مَثْنَى وَثُلاَثَ وَأُخَرْ

'Adl dan sifat keduanya dapat dianggap sebagai 'illat tidak. menerima tanwin seperti dalam lafaz matsna, tsulaatsa dan ukhar .


وَوَزْنُ مَثْنَى وَثُلاَثَ كَهُمَا *** مِنْ وَاحِدٍ لأَرْبَعٍ فَليُعْلَمَا

Wazan matsnaa dan tsulaatsa disamakan dengan keduanya, yaitu mulai dari satu hingga empat, harap hal ini dimaklumi


وَكُنْ لِجَمْعٍ مُشْبِهٍ مَفَاعِلاَ *** أَوِ المَفَاعِيْلَ بِمَنْعٍ كَافِلاَ

Jadilah kamu terhadap jamak yang menyerupai wazan mafaa'ila atau mafaa'iila sebagai orang yang mencegahnya dari tanwin


وَذَا اعْتِلاَلٍ مِنْهُ كَالجَوَارِي *** رَفْعَاً وَجَرًّا أَجْرِهِ كَسَارِي

Jamak wazan ini mempunyai huruf 'illat, seperti lafaz jawaary, bila dalam keadaan rafa dan jar perlakukanlah seperti lafaz saariy.


وَلِسَرَاوِيْلَ بِهذَا الجَمْعِ *** شَبَهٌ اقْتَضَى عُمْوم المَنْعِ

Lafaz saraawiila mempunyai kemiripan dengan jamak ini; hal ini lah yang membuatnya banyak dianggap tidak menerima tanwin


وَإِنْ بِهِ سُمِّيَ أَو بِمَا لَحِقْ *** بِهِ فَالانْصِرَافُ مَنْعُهُ يَحِقّ

Seandainya jamak jenis ini dijadikan nama atau lafaz yang di mulhaq-kan kepadanya dijadikan nama, maka berhak untuk tidak. menerima tanwin.


وَالعَلمَ امْنَعْ صَرْفَهُ مُرَكَّبَا *** تَرْكِيْبَ مَزْجٍ نَحْوُ مَعْدِ يكرِبَا

Alam yang dalam keadaan tarkib majziy, cegahlah dari tanwin, seperti Ma'diykariba.


كَذَاكَ حَاوِي زَائِدَيْ فَعْلاَنَا *** كَغَطَفَانَ وَكَأَصْبَهَانَا

Demikian pula dicegah dari tanwin lafaz yang mengandung dua huruf tambahan yang berwazan fa'laana, seperti lafaz ghathafaana dan pula seperti ashbahaana.


كَذَا مؤنَّثٌ بِهَاءٍ مُطْلَقَا  *** وَشَرْطُ مَنْعِ العَارِ كَونُهُ ارْتَقَى

فَوقَ الثَّلاَثِ أَو كَحُورَ أَو سَقَرْ *** أَو زَيْدٍ اسْمَ امْرَأَةٍ لاَ اسْمَ ذَكَرْ

Demikian pula lafaz yang mu'annats-nya memakai ha, secara mutlak; dan syarat tercegah bagi mu'annats 'ariy ialah hendaknya tersusun dari tiga huruf atau lebih, atau seperti lafaz juura atau seperti lafaz saqara atau seperti lafaz zaidun yang dimaksud se bagai nama perempuan bukan laki-laki


وَجْهَانِ فِي العَادِمِ تَذْكِيْرَاً سَبَقْ *** وَعُجْمَةً كَهِنْدَ وَالمَنْعُ أَحَقّ

Ada dua segi bacaan dalam lafaz yang tidak mengandung makna mudzakkar seperti semula serta ajam, seperti lafaz Hinda, akan tetapi dicegah dari tanwin adalah lebih berhak.


وَالعَجَمِيُّ الوَضْعِ وَالتَّعرِيْفِ مَعْ *** زَيْدٍ عَلَى الثَّلاَثِ صَرْفُهُ امْتَنَعْ

Nama 'ajam dan ta'rif serta lebih dari tiga huruf adalah lafaz yang dicegah dari tanwin.


كَذَاكَ ذُو وَزْنٍ يَخُصُّ الفِعْلاَ *** أَو غَالِبٍ كَأَحْمَدٍ وَيَعْلَى

Demikian pula lafaz yang memiliki wazan khusus bagi fi'il atau kebanyakan dipakai oleh fi'il, seperti lafaz Ahmada dan Ya'laa.


وَمَا يَصِيْرُ عَلَمَاً مِنْ ذِي أَلِفْ *** زِيْدَتْ لإِلحَاقٍ فَلَيْسَ يَنْصَرفْ

Lafaz yang dijadikan sebagai alam di antara isim yang ditambah kan kepadanya alif ilhaq, termasuk isim yang tidak menerima tanwin.


وَالعَلَمَ امْنَعْ صَرْفَهُ إِنْ عُدِلاَ *** كَفُعَلِ التَّوكِيْدِ أَو كَثُعَلاَ

Cegahlah alam dari tanwin apabila di'udul, seperti wazan fu'ali untuk makna taukid atau seperti lafaz Tsu'ala.


وَالعَدْلُ وَالتَّعْرِيْفُ مَانِعَا سَحَرْ *** إِذَا بِهِ التَّعْيِيْنُ قَصْدَاً يُعْتَبَرْ

Udul dan ta'rif keduanya mencegah lafaz sahar dari tanwin apabila dimaksud dengannya penentuan waktu (hari yang ber sangkutan).


ابْنِ عَلَى الكَسْرِ فَعَالِ عَلَمَا *** مُؤنَّثَاً وَهْوَ نَظِيْرُ جُشَمَا

Mabnikanlah dengan harakat kasrah wazan fa'aali yang menjadi alam lagi muannats, sama dengan lafaz jusyama.


عِنْدَ تَمِيْمِ وَاصْرِفَنْ مَا نُكِّرَا *** مِنْ كُلِّ مَا التَّعْرِيْفُ فِيْهِ أثَّرَا

Menurut orang Bani Tamim. Tanwinkanlah lafaz yang dinakirahkan dari masing-masing lafaz yang dapat dipengaruhi oleh ta'rif


وَمَا يَكُونُ مِنْهُ مَنْقُوصَاً فَفِي *** إعْرَابِهِ نَهْجَ جَوَارٍ يَقْتَفِي

Isim yang diakhiri dengan alif manqush, dalam hal i'rab diserta kan kepada ketentuan yang berlaku pada lafaz jawaarin


وَلاِضْطِرَارٍ أَو تَنَاسُبٍ صُرِفْ  *** ذُو المَنْعِ وَالمَصْرُوفُ قَدْ لاَ يَنْصَرِف

Karena keadaan darurat atau tanasub (penyesuaian) lafaz yang tidak menerima tanwin dapat di-tanwinkan, dan terkadang lafaz yang menerima tanwin pun dapat tidak menerima tanwin,

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Isim yang Tidak Munshorif | مَا لاَ يَنْصَرِفُ"