Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Bab Badal (pengganti) - Kitab Al Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasan

bagan dan penjelasan terjemaha arti   Bab Badal (pengganti) - بَابُ الْبَدَلِ -  kitab ilmu nahwu matan al jurumiyah lengkap bergambar

> DAFTAR ISI <

 مَتْنُ الْآجُرُّومِيَّةِ  للشيخ الصنهاجي

Matan Nadzhom Kitab Al Jurumiyah

 Penyusun /Pengarang : Ibnu Aajurruumi Muhammad bin Muhammad bin Dawud As-Shanhaji

Terjemah Bab Badal (pengganti) - بَابُ الْبَدَلِ 


إِذَا أُبْدِلَ اِسْمٌ مِن اِسْمٍ، أَوْ فِعْلٌ مِنْ فِعْلٍ تَبِعَهُ فِي جَمِيْعِ إِعْرَابِهِ ،

Jika dibuat badal(ganti) isim dari isim atau fiil dari fiil,maka badal itu harus mengikuti pada mubdal minhunya(yang dibadali dalam semua i’rabnya). 


وَهُوَ أَرْبَعَةُ أَقْسَامٍ: بَدَلُ الشَّيْءِ مِنَ الشَّيْءِ، وَبَدَلُ اْلبَعْضِ مِنَ الكُلِّ، وَبَدَلُ الاِشْتِمَالِ، وَبَدَلُ الْغَلَطِ، نحو قَوْلِكَ: قَامَ زَيْدٌ أَخوْكَ، وَأَكَلْتُ الرَّغِيْفَ ثُلُثَهُ، وَنَفَعَنِيْ زَيْدٌ عِلْمُهُ، وَرَأَيْتُ زَيْداً اْلفَرَسَ، أَرَدْتَ أَنْ تَقوْلَ الْفَرَسَ فغَلِطْتَ فَأَبْدَلْتَ زَيْداً مِنْهُ.

Badal itu terbagi menjadi empat bagian yaitu: badal syai’ min syai’(badal dari sesuatu yang sama derajatnya) , badal ba’du min kul(badal sebagian dari seluruhnya) , badal isytimal(badal yang terkandung) , badal gholath(badal kesalahan). Seperti ucapanmu : qaama zaidun akhuuka(sudah berdiri zaid saudaramu),akaltu arraghiifa salsahu(aku makan roti sepertiganya),nafa’ani zaidun ilmuhu(zaid telah bermanfaat bagiku ilmunya),raitu zaidan alfarasa(aku melihat zaid kuda),padahal kamu bermaksud melihat kuda,bukan zaid.maka kamu salah mengucapkan lalu membadali lafadz zaid itu dengan kuda.

------------------------

Bab Badal (pengganti) - بَابُ الْبَدَلِ

Apabila dibadalkan (ganti) isim dari isim atau fiil dari fiil,maka badal itu harus mengikuti pada mubdal minhunya(yang dibadali dalam semua i’rabnya). 

Badal itu ada empat :

1. بَدَلُ اَلشَّيْءِ مِنْ اَلشَّيْء Badal Syai' min Syai'

2. بَدَلُ اَلْبَعْضِ مِنْ اَلْكُلِّ Badal Ba'dh min Kull

3. بَدَلُ اَلِاشْتِمَالِ Badal Isytimal

 4. وَبَدَلُ اَلْغَلَطِ Badal Ghalath

Contohnya:

“قَامَ زَيْدٌ أَخُوكَ, وَأَكَلْتُ اَلرَّغِيفَ ثُلُثَهُ, وَنَفَعَنِي زَيْدٌ عِلْمُهُ, وَرَأَيْتُ زَيْدًا اَلْفَرَسَ

(Zaid, saudaramu, telah berdiri – Aku makan roti sepertiganya – Ilmu Zaid bermanfaat untuk ku – Aku melihat Zaid, (maaf) maksudnya kuda)Sebetulnya yang ingin kau ucapkan adalah “Aku melihat kuda”, akan tetapi kamu salah ucap dan kamu ganti dengan “Aku melihat Zaid”.