Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Jama’ Taksir | جَمْعُ الْتَّكْسِيْر

Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Jama’ Taksir | جَمْعُ الْتَّكْسِيْر

Alfiyah (ألفية ابن مالك) / alfiyah ibnu malik adalah kitab syair (berirama) tentang tata bahasa Arab dari abad ke-13. Kitab alfiyah ditulis oleh seorang ahli bahasa Arab kelahiran (andalusia) Jaén, Spanyol yang bernama Ibnu Malik (w. 672 H /22 Februari 1274 M). kitab Al-Ajurrumiyah dan Kitab Alfiyah adalah di antara kitab yang banyak dipelajari dan dihapalkan siswa pesantren selain Al-Qur'an. Kitab ini setidaknya memiliki 43 kitab penjelasan (syarah) dan merupakan salah satu dari kitab pendidikan bahasa Arab. berikut terjemah bab

جَمْعُ الْتَّكْسِيْر
Bab Jama’ Taksir


أَفْعِلَةٌ أَفْعُلُ ثُمَّ فِعْلَهْ *** ثُمَّتَ أَفْعَالٌ جُمُوْعُ قِلَّةْ

Wazan afilatun, afulun, lalu fi'latun kemudian afaalun semuanya adalah bentuk jamak qillah.


وَبَعْضُ ذِي بِكَثْرَةٍ وَضْعَاً يَفِي ***  كَأَرْجُلٍ وَالْعَكْسُ جَاءَ كَالْصُّفِي

Sebagian di antara bentuk jamak qillah terkadang dianggap cukup sebagai pengganti jamak katsrah, seperti lafaz arjulun; terkadang kebalikannya pun ada pula seperti lafaz shufi.


لِفَعْلٍ اسْمَاً صَحَّ عَيْنَاً أَفْعُلُ ***  وَلِلْرُّبَاعِيِّ اسْمَاً أَيْضَاً يُجْعَلُ

Bagi isim yang berwazan fa'il dan sahih 'ain-nya wazan afulun, dan bagi isim yang ruma'ii wazan ini dapat dijadikan pula sebagai jamaknya,


إِنْ كَانَ كَالْعَنَاقِ وَالْذِّرَاعِ فِي ***  مَدَ وَتأْنِيْثٍ وَعَدِّ الأَحْرُفِ

 yaitu apabila isim ruba'ii tersebut seperti lafaz 'anaaqun dan dzi raa'un dalam hal dibaca panjang, bentuk ta-nits, dan bilangan hurufnya.


وَغَيْرُ مَا أَفْعُلُ فِيْهِ مُطَّرِدْ  *** مِنَ الْثُّلاَثِي اسْمَاً بِأَفْعَالٍ يَرِدْ

Selain lafaz yang dapat diberlakukan terhadap wazan afulun dian tara isim tsulatsii, maka bentuk jamaknya adalah wazan afaalun


وَغَالِبَاً أَغَنَاهُمُ فِعْلاَنُ ***  فِي فُعَلٍ كَقَوْلِهِمْ صِرْدَانُ

 Tetapi sebagian besar wazan fi'laanu dapat mencukupi mufrad yang berwazan fu'alun, seperti dalam perkataan mereka shirdaanu


فِي اسْمٍ مُذكَّرٍ رُبَاعِيَ بِمَدّ ***  ثَالِثٍ أفْعِلَةُ عَنْهُمُ اطَّرَدْ

isim mudzakkar yang ruba'ii dengan huruf nomor tiga yang dipanjangkan, bentuk jamaknya diberlakukan oleh mereka dengan memakai wazan afilatun.


وَالْزَمْهُ فِي فَعَالٍ أوْ فِعَالِ  *** مُصَاحِبَيْ تَضْعِيْفٍ أوْ إِعْلاَلٍ

Dan tetapkanlah wazan ini terhadap wazan fa'aalun atau fi'aalun, sebagai bentuk jamak dari isim yang mudha'af atau mu'tal.


فُعْلٌ لِنَحْوِ أَحْمَرٍ وحَمْرَا  *** وَفِعْلَةٌ جَمْعَاً بنَقْلٍ يُدْرَى

Wazan fulun untuk jamak lafaz seperti ahmara dan hamraa. Wazan fi'latun merupakan bentuk jamak yang telah diketahui melalui dalil naglii


وَفُعُلٌ لاسْمٍ رُبَاعِيٍّ بِمَدّ قَدْ ***  زِيْد قَبْلَ لاَمٍ اعْلاَلاً فَقَدْ

Wazan fu'ulun adalah bentuk jamak dari fi'il ruba'ii, sebelum lam nya ditambahkan huruf madd, huruf akhirnya terbebas dari huruf illat,


مَا لَمْ يُضَاعَفْ فِي الأَعَمِّ ذُو الأَلِفْ ***  وَفُعَلٌ جَمْعَاً لِفُعلَةٍ عُرِفْ

 Selagi isim yang mempunyai alif tersebut tidak di-mudha'af kan (tidak ditasydidkan). Wazan fu'alun berlaku sebagai bentuk jamak dari fu'latun,


وَنَحْوِ كُبْرَى وَلِفِعْلَةٍ فِعَلْ ***  وَقَدْ يَجِيءُ جَمْعُهُ عَلَى فُعَلْ

 Yaitu seperti lafaz kubraa. Bagi wazan fi'latun bentuk jamak yang berwazan fi'alun, terkadaang jamaknya diungkapkan kedalam bentuk  wazan fu'alun.


فِي نَحْوِ رَامٍ اطِّرَادٍ فُعَلَهْ ***  وَشَاعَ نَحْوُ كَامِلٍ وَكَمَلَهْ

Untuk semacam lafaz "raamin" menurut patokan bentuk jamaknya berwazan "fu'alatun". Telah terkenal untuk semacam lafaz "kaami lun" bentuk jamaknya berwazan "kamalatun"


فَعْلَى لِوَصْفٍ كَقَتِيْلٍ وَزَمِنْ ***  وَهَالِكٍ وَمَيِّتٌ بِهِ قَمِنْ

Wazan fa'laa untuk washf seperti lafaz qatilun. Lafaz zaminun haalikun dan mayyitun terkandung pula dalam wazan ini


لِفُعْلٍ اسْمَاً صْحَّ لاَمَاً فِعَلَهْ ***  وَالْوَضْعُ فِي فَعْلٍ وَفِعْلٍ قَلَّلَهْ

Bagi isim yang berwazan fulun yang sahih lam-nya, bentuk jamak nya berwazan fi'alatun, dan bagi isim yang berwazan fi'lun dan fa' lun bentuk jamak wazan ini (fi'alatun) dianggap jarang.


وَفُعَّلٌ لِفَاعِلٍ وَفَاعِلَهْ  *** وَصْفَيْنِ نَحْوُ عَاذِلٍ وَعَاذِلَهْ

Wazan fu' 'alun adalah bentuk jamak isim yang berwazan faa'ilun dan faa'ilatun kedua-duanya merupakan washf, seperti lafaz 'aadzi-lun dan aadzilatun.


وَمِثْلُهُ الْفُعَّالُ فِيْمَا ذُكِّرَا ***  وَذَان فِي الْمُعَلِّ لاَمَاً نَدَرَا

sama dengan fu' 'alun wazan fu'aalun yang diperuntukkan bagi isim mudzakkar; kedua wazan tersebut jarang dijumpai dalam isim yang mu'tal lam-nya.


فَعْلٌ وَفَعْلَةٌ فِعَالٌ لَهُمَا ***  وَقَلَّ فِيْمَا عَيْنُهُ الْيَا مِنْهُمَا

Wazan falun dan fa'latun keduanya bentuk jamak berrwazan fi'a lun; tetapi jamak ini jarang dijumpai dalam lafaz yang mu'tal 'ain berupa huruf ya dari keduanya.


وَفَعَلٌ أَيْضَاً لَهُ فِعَالُ  *** مَا لَمْ يَكُنْ فِي لاَمِهِ اعْتِلاَلُ

lafaz fa'alun juga jamaknya berwazan fi'aalun selagi lam-nya yang bukan huruf 'illat,


أَوْ يَكُ مُضْعَفَاً وَمِثْلُ فَعَلِ  *** ذُو الْتَّا وَفِعْلٌ مَعَ فُعْلٍ فَاقْبَلِ

atau bukan mudhafaf. Sama dengan fa'alun yaitu lafaz fa'alatun dengan memakai ta, dan terima pulalah jamak wazan ini untuk lafaz yang berwazan fulun serta fi'lun


وَفِي فَعِيْلٍ وَصْفَ فَاعِلٍ وَرَدْ  *** كَذَاكَ فِي أنْثَاهُ أَيْضَاً اطَّرَدْ

Wazan ini (fi'aalun) berlaku pula untuk isim yang berwazan fa'ilun bentuk washf dari faa'ilun, demikian pula terhadap bentuk mutsanna-nya dapat diberlakukan wazan ini.


وَشَاعَ فِي وَصْفٍ عَلَى فَعْلاَنَا  *** أَوْ أُنْثَيَيْه أَوْ عَلَى فُعْلاَنَا

Wazan fi'aalun terkenal pula sebagi bentuk jamak dari washaf ber-wazan fa'laanun, atau bentuk muannats-nya fa'laanatun., atau berwazan fulaanun. 


وَمِثْلُهُ فُعْلاَنَةً وَالْزَمْهُ فِي ***  نَحْوِ طَوِيْلٍ وَطَوِيْلَةٍ تَفِي

Sama dengan wazan fu'laanun yaitu wazan fu'laanatun. Tetapkanlah jamak ini dalam lafaz seperti thawiilun dan thawiilatun, maka hal ini sudah dianggap cukup.


وَبِفُعُوْلٍ فَعِلٌ نَحْوُ كَبِدْ ***  يُخَصُّ غَالِبَاً كَذَاكَ يَطَّرِدْ

Dengan wazan fu'uulun lafaz yang berwazan fa'ilun di-jamak-kan seperti lafaz kabidun, hal ini umumnya merupakan suatu hal yangkhusus baginya. Demikian puila wazan ini dapat diberlakukan,


فِي فَعْلٍ اسْمَاً مُطْلَقَ الْفَا وَفَعَلْ ***  لَهُ وَلِلْفُعَالِ فِعْلاَنٌ حَصَلْ

 terhadap lafaz yang berwazan fa'lun sebagai isim yang fa-nya dapat dibaca tiga bacaan. Lafaz fa'alun dapat dijamakkan dengan wazan fu'uulun. Bagi wazan fu'aalun bentuk jamaknya adalah fi'laanun.


وَشَاعَ فِي حُوْتٍ وَقَاعٍ مَعَ مَا ***  ضَاهَاهُمَا وَقَلَّ فِي غَيْرِهِمَا

 Telah terkenal pada lafaz huutun dan qaa'un serta lafaz lainnya yang serupa bentuk jamak wazan ini (filaanun); tetapi sedikit dalam selain keduanya.


وَفَعْلاً اسْمَاً وَفَعِيْلاً وَفَعَلْ  *** غَيْرَ مُعَلِّ الْعَيْنِ فُعْلاَنٌ شَمَلْ

Isim yang berwazan fa'lun dan fa'iilun serta fa'alun yang ain-nya tidak mu'tal tercakup pula ke dalam jamak yang berwazan fulaanun.


وَلِكَرِيْمٍ وَبَخِيْلٍ فُعَلاَ ***  كَذَا لِمَا ضَاهَاهُمَا قَدْ جُعِلا

Bagi lafaz kariimun dan bakhiilun jamak yang berwazan fu'alaa demikian pula bagi lafaz-lafaz yang menyamai keduanya, bentuk ja mak ini dapat dipakai untuknya.


وَنَابَ عَنْه أَفْعِلَاء فِي المُعَلّ ***  لاَمَاً وَمُضْعَفٍ وَغَيْرُ ذَاكَ قَلّ

 Wazan afilaa-u menggantikan kedudukan fu'alaa-u bagi isim yang mu'tal 'ain-nya dan yang di-mudha'af-kan; ada pun selain hal tersebut sedikit pemakaiannya.


فَوَاعِلٌ لِفَوْعَلٍ وَفَاعَلِ ***  وَفَاعِلاء مَعَ نَحْوِ كَاهِل

Wazan fawaa'ilun adalah bentuk jamak untuk lafaz yang berwazan fau'alun, faa'ilun, faa'ilaa-u dan hal yang seperti lafaz kaahilun,


وَحَائِضٍ وَصَاهِلٍ وَفَاعِلَهْ ***  وَشَذَّ فِي الْفَارِسِ مَعْ مَا مَاثَلَهْ

 dan lafaz haaidhun, shaahilun, dan juga untuk lafaz yang berwazan faa'ilatun. Bentuk jamak ini dianggap syadz untuk lafaz faarisun beserta lafaz-lafaz yang semisal dengannya


وَبِفَعَائِلَ اجْمَعْنَ فَعَالَهْ ***  وَشِبْهَهُ ذَا تَاءٍ أوْ مُزَالَهْ

Dengan memakai wazan fa'aaila jamak-kanlah lafaz yang berwazan fa'aalatun dan yang serupa dengannya, baik yang mempunyai ta maupun yang tidak mempunyai ta


وَبِالْفَعَالِي وَالْفَعَالَى جُمِعَا صَحْرَاءُ ***  وَالْعَذْرَاءُ وَالْقَيْسَ اتْبَعَا

Dengan memakai wazan fa'aalii dan fa'aalaa lafaz shahraa-u dan lafaz 'adzraa-u di-jamak-kan, kiaskanlah kedua wazan ini.


وَاجْعَلْ فَعَالِيَّ لِغَيْرِ ذِي نَسَبْ ***  جُدِّدَ كَالْكُرْسِيِّ تَتْبَعِ الْعَرَبْ

Jadikanlah wazan "fa'aaliyya" untuk selain isim yang tidak diperbarui oleh nasab, seperti lafaz "kursiyyun", berarti mengikuti cara orang-orang Arab.


وَبِفَعَالِلَ وَشِبْهِهِ انْطِقَا ***  فِي جَمْعِ مَا فَوْقَ الْثَّلاَثَةِ ارْتَقَى

Dengan memakai wazan fa'aalilu dan yang sejenisnya ucapkanlah membentuk jamak isim yang lebih dari tiga huruf.


مِنْ غَيْرِ مَا مَضَى وَمِنْ خُمَاسِي ***  جُرِّدَ الاخِرَ انْفِ بِالْقِيَاسِ

Selain dari hal-hal yang telah disebutkan di atas, dari isim khumasi (yang terdiri dari lima huruf) yang mujarrad buanglah huruf akhirnya menurut kias.


وَالْرَّابِعُ الْشَّبِيْهُ بِالْمَزِيْدِ قَدْ ***  يُحْذَفُ دُوْنَ مَا بِهِ تَمَّ الْعَدَدْ

Terkadang huruf keempat yang mirip dengan huruf zaidah (tambahan) dibuang, bukan huruf terakhirnya


وَزَائِدَ الْعَادِي الْرُّبَاعِي احْذِفُهُ مَا ***  لمْ يَكُ لَيْنَاً إثْرَهُ الَّلذْ خَتَما

Buanglah huruf zaidah selain dari huruf yang keempat, selagi hu ruf yang keempat itu bukan huruf len yang sesudahnya terdapat hu ruf terakhir.


والسِّين والتَّا مِن كَمُستَدْعٍ أَزِلْ ***  إذ بِبِنا الجمع ِبَقَاهُمَا مُخِلْ

Hilangkanlah huruf sin dan ta dari lafaz yang semisal dengan lafaz mustad'in, sebab bila ditetapkan dalam bentuk jamak, maka bentuk jamak menjadi cacat karenanya.


والميمُ أولى مِن سِوَاهُ بالبَقَا ***  والهَمزُ واليَا مِثلُهُ إن سَبَقَا

Huruf mim lebih utama untuk ditetapkan daripada huruf lain- nya, demikian pula hamzah dan ya sama dengan mim apabila keduanya mendahului


والياءَ لا الواوَ احْذِفِ انْ جمَعَتْ ما ***  كَحَيْزَبُونٍ فَهْوَ حُكْمٌ حُتِمَا

Buanglah ya dan jangan wawu, apabila kedua-duanya dikumpul kan dalam satu lafaz, seperti lafaz hayzabuunun; hal ini merupa kan suatu ketentuan yang harus.


وخَيَّرُوا في زائِدَيْ سَرَنْدَى  *** وكُلِّ ما ضَاهَاهُ كالعَلَنْدَى

Mereka memilih salah satu di antara dua huruf tambahan dalam lafaz sarandaa dan lafaz lafaz lainnya yang sejenis dengannya seperti "alandaa" (tanpa memprioritaskan salah satu di antaranya).

Posting Komentar untuk "Terjemah Alfiyah ibnu Malik Bab Jama’ Taksir | جَمْعُ الْتَّكْسِيْر"